BERSAMA KITA TANGULANGI COVID 19

Publish on February 22nd, 2021

Setahun yang lalu covid 19 menjadi pandemi global, termasuk di wilayah negeri ini. Data penyebaran secara global  menunjukkan bahwa pandemi covid 19 ini menjangkiti 221 Negara dengan jumlah total penderita mencapai 111.600.720 orang, adapun kasus aktif di seluruh dunia mencapai 22 juta orang ! (sumber http://pojokcovid.unej.ac.id/)

Besarnya angka statistik  covid 19 menunjukkan bahwa pandemi ini harus ditanggulangi secara serius  dengan melibatkan semua lapisan masyarakat, baik rakyat maupun pejabat, teknisi maupun akademisi, semua perlu turut terlibat sebagai supporter maupun promoter kesehatan masyarakat. Guna mendukung kegiatan pencegahan dan penanggulangan Covid 19, tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana (TDKB) Posko Covid 19 Universitas Jember melaksanakan sosialiasi SOP Pencegahan & Penanggulangan Covid 19 di lingkungan Universitas Jember. Kegiatan sosialisasi di FKG dilaksanakankan dalam dua tahap. Pertama dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2021 dengan sasaran Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sedangkan tahap kedua dilaksanakakan pada 19 Februari 2021 dengan peserta mahasiswa tingkat dasar FKG Universitas Jember.

Pada kesempatan sosialisai tersebut ditekankan kembali tentang pentingnya 3 M : Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga jarak sebagai langkah paling mudah untuk pencegahan Covid 19. Selain itu drg. Elyda Akhya Afida Misrohmasari, MIPH sebagai salah satu pemateri mengenalkan konsep V-D-J dalam aktivitas harian. V-D-J adalah singkatan dari Ventilasi – Durasi – Jarak.

Pada kegiatan harian hendaknya memperhatikan Ventilasi ruangan termpat beraktivitas. Luas ventilasi minimal 20% dari luas ruangan. Selain itu disarankan untuk membuka pintu dan jendela untuk memudahkan sirkulasi udara. Hendaknya juga memperhatikan Durasi pertemuan jika bertemu dengan orang lain. Apabila ada kebutuhan untuk berinteraksi dengan pihak lain disarankan lama pertemuan maksimal 15 menit. Semakin lama durasi pertemuan cenderung ekuivalen dengan meningkatnya resiko penularan Covid 19. Jaga Jarak tetap harus dilakukan, dimana jarak ideal antara dua orang yang saling berinteraksi minimal 1.5 M. Hal ini untuk menghindari tersebarnya dorplet. Selain itu disarankan untuk tidak menggunakan barang secara bersama.

Dua kegiatan sosialisasi yang dihadiri dosen, karyawan dan mahasiswa diharapkan meningkatkan pemahaman sivitas akademik guna mencegah dan  menanggulangi penyebaran Covid 19. Dosen FKG Universitas Jember yang merupakan tenaga kesehatan, selain mengikuti kegiatan sosialiasi juga dilibatkan dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid 19. Kegiatan vaksinasi pertama dilaksanakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember di akhir januari 2021 yang lalu, dilanjutkan vaksinasi kedua 14 hari kemudian di Puskesmas Sumbersari. Agenda Vaksinasi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan ini juga diikuti oleh mahasiswa tingkat profesi (co ass) FKG Universitas Jember. (agp)