DENGAN DITANDA TANGANI KONTRAK KINERJA TAHUN 2017 FKG SUKSES GELAR TRY OUT UJI KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER GIGI (UKMP2DG)

Publish on January 27th, 2017

Jember  25 Januari 2017  Para Dekan, Ka.UPT, Ka.Lembaga, Ka.Humas  di lingkungan Universitas Jember menandatangani  Perjanjian Kinerja Tahun 2017 di Gedung dr. Surahmad Lantai III Rektorat Universitas jember.

Dalam menentukan target-target kinerja, kita sudah mulai mendorong semua Fakultas dan Unit kerja untuk bekerja lebih baik karena semata-mata melihat konteks historikal, tapi betul-betul berupaya melihat dari hasil evaluasi diri kita, baik yang terkait dengan  kekurangan-kekurangan kita, ataupun potensi-potensi yang kita miliki yang akan menjadi modal bagaimana kinerja kita kedepan,” ujar Rektor Unpad, Drs. Moh. Hasan.

Dengan adanya Kontrak Kinerja sebagai payung setiap kegiatan,  maka saya mohon kekurangan dan kelebihan kita bisa terukur dan kekeurangan tadi bisa kita rubah atau kita perbaiki sebagai contoh IPK ternyata rata-rata kita masih 3,24 jadi  mahasiswa yang IPKnya 3, sekian masih di bawah 3,24 apalagi dibawahnya maka wajib bagi semua Dekan agar bisa memperbaiki dan yang paling dominan lama menyusun Tugas Akhir selama ini masih lebih dari 6 bulan yang seharus kurang dari 6 bulan harus sudah selesai dan yang sudah hanya Fakultas kedokteran masa studi bisa 3 tahun 6 bulan hal perlu dibangun suatu  program kerja yang kemudian diterjemahkan pada kegiatan, sehingga semakin mendorong target kinerja tersebut dapat tercapai. Selain itu Rektor mengungkapkan, dalam target kinerja para dekan, terdapat keinginan yang kuat dalam meningkatkan presentase kelulusan tepat waktu para mahasiswanya.

Selain itu, untuk pencapaian kinerja lebih baik lagi, Rektor juga mengharapkan adanya sinergi lebih kuat dalam  memanfaatkan modal-modal yang ada di setiap unit kerja. Rektor juga berharap setiap fakultas tidak hanya “berpotret” pada diri sendiri, melainkan memiliki benchmark untuk meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, Rektor  juga mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan target perolehan hibah riset yang berasal dari luar institusi, terutama yang berasal dari kompetisi dan kerja sama internasional. Diungkapkan, terjadi peningkatan jumlah yang signifikan antara angka yang dicapai tahun 2016 dengan target yang akan dicapai pada tahun 2017.

Begitu juga terlihat dari sisi target publikasi ilmiah terindeks Scopus. Ada peningkatan target jumlah publikasi internasional bereputasi, bahkan jumlahnya hampir dua kali lipat dari jumlah yang dicapai tahun 2016. Pelibatan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah bersama dosen pun diharapkan semakin meningkat. Dari sisi SDM, diharapkan juga akan semakin meningkat jumlah Guru Besar di lingkungan Universitas Jember.

TRY OUT UKMP2DG

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Gigi dr.R.Rahardyan P.M.Kes. Sp.Pros mengajak kepada semua Civitas Akademika baik Staf Pendidik dan Staf kependidikan, Teknisi, PLP, Mahasiswa untuk mempertahakan komitmen bersama untuk mempertahankan kinerja yang baik dan kalau bisa kita harus lebih baik lagi untuk bekerja melebihi target yang telah di tentukan karena dengan Nilai Akreditasi A kita sudah bisa mengikuti  Akreditasi tingkat Asean.

Selain itu Dekan  Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember menyambut baik kontrak kinerja yang telah ditandatangani bersama tersebut. FKG memiliki beberapa target pencapaian antara lain meningkatkan kualitas mahasiswa. Hal ini bisa di buktikan pada hari ini Jumat 27 Januari 2017 kita bisa melakukan Try Out Ujian Praktek Kompetesi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG).

Sementara Ketua Panitia Try Out Ujian Praktek Kompetesi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG), menggunakan sistem Item Bank Administrator (IBA) Online,. Hal ini terkait tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2014 yang mewajibkan calon dokter gigi harus lulus ujian akhir yang disebut Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) di Fakultas Kedokteran Gigi atau PSPDG masing-masing. Jika dulu para lulusan dokter gigi harus mengikuti Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI), sekarang mengalami perubahan format dimana para mahasiswa harus mengikuti UKMP2DG sebagai syarat kelulusan,” kata Ketua Panitia Pelatihan IBA Online  yang sekaligus menjabat Pembantu Dekan Bidang Akademik Dr. drg. I Dewa Ayu Susilawati. M.Kes. Try Out ini di ikuti 24 Calon Dokter Gigi.(Satar)