TUJUH RIBU LIMA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS JEMBER PERIKSA GIGI DI RSGM UNIVERSITAS JEMBER

Publish on August 22nd, 2017

DSC_0063

Salah satu Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) bagi mahasiswa baru Universitas Jember adalah mengikuti pemeriksaan kesehatan,gigi dan Mulut. Kegiatan ini di laksanakan sejak tanggal 19 Agustus 2017 sampai 24 Agustus 2017 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember melakukan pemeriksaan kesehatan Gigi dan Mulut itu dengan bekerjasama dengan Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) bagi mahasiswa baru Universitas Jember tahun 2017.

DSC_0087Sebagai informasi, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember melibatkan seluruh dokter gigi yang di bantu oleh Mahasiswa Tahap Profesi dan Badan Eksekutif Mahasiswa, yang dikordinasi oleh drg. R. Rahardyan Parnaadji, M.Kes. Sp.Pros sebagai Dekan Fakultas kedokteran Gigi Universitas Jember dan Direktur RSGM Universitas Jember Prof. drg. Dwi Prijatmoko, PhD serta. Tenaga paramedic, Laboran, dan Tenaga Administrasi. Sumber daya manusia yang dimiliki  Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember sudah terbukti sangat handal untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebagaimana disebutkan di atas. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember menempati Gedung yang berdekatan dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Bagi mahasiswa baru peserta PK2 pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut dapat dilayani pemeriksaan tersebut mulai tanggal 19 Agustus 2017 sampai 24 Agustus 2017. Jadwal pemeriksaan dibuka setiap hari kerja dari Jam 08.00 – 12.00 WIB sesuai dengan kelompok yang telah di tetapkan.

DSC_0090Adapun Tujuan Pemeriksaan ini adalah untuk menggali data bagi Mahsiswa baru Universitas Jember karena Gigi dan mulut adalah panca indra vital yang patut diutamakan pemeliharaannya. Oleh sebab itu menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat wajib, dilakukan sebelum terlambat atau penyakit lain datang. Salah satu cara yang sederhana untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin dengan pasta gigi  dan dilengkapi dengan penggunaan obat kumur (mouthwash) yang efektif dan aman (tidak menimbulkan iritasi pada mukosa). Meskipun banyak orang  yang sudah merasa nyaman membersihkan gigi dan mulut dengan hanya menyikat gigi saja. Namun, ada sebagian orang yang masih belum lengkap dan nyaman rasanya jika  belum menggunakan mouthwash. Bagi sebagian orang, menjaga kesehatan mulut tidak hanya dengan rajin menggosok gigi secara teratur. Menggunakan mouthwash bisa menjadi alternatif tambahan agar kesegaran mulut dapat terus terjaga. Menggunakan mouthwash setiap hari secara rutin dapat mencegah plak mengeras, serta membantu mengurangi kemungkinan penyakit gusi, gigi berlubang dan infeksi bakteri pada mulut. Namun, terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan mulut lantaran dapat menyebabkan plak gigi berlubang dan penyakit gusi.

DSC_0083Adapun data data Kesehatan gigi dan Mulut bagi mahasiswa baru merupakan data yang sangat penting karena Sesuai riset kesehatan gigi dan mulut bersama seluruh institusi pendidikan dokter gigi se-Indonesia ada indikasi indeks DMF-T (decay missing filled-teeth) sebagai indeks keparahan gigi yang biasanya digunakan oleh riset kesehatan dasar seluruh Indonesia, ke depan tidak akan jadi indeks penilaian dalam riset kesehatan dasar di Indonesia. Guna merespon kebijakan tersebut, maka Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember berkomitmen untuk menggunakan data data tersebut sebagai indeks  DMF- T tersebut bersama indeks lainnya, memeriksa kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia dengan menggunakan metode yang sesuai dengan  Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO).(satar)