FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS JEMBER SUKSES MENGGELAR PELATIHAN ETIK KESEHATAN

Publish on October 12th, 2017

Rabu, 11 Oktobr 2017, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember menggelar Acara Pelatihan Etik Kesehatan menghadirkan dr. Triono Soendoro,M.phil, Ph.D, Ketua komisi Nasional Etik, Riset dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN), acara Pelatihan Etik Penelitian Kesehatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebagaimana dalam pelatihan- pelatihan lain pada umumnya, prinsip-prinsip etika penting untuk dijaga dalam riset Etika Kesehatan. Meskipun fokus riset Etik Kesehatan tidak berbeda dengan penelitian kesehatan lain, selalu terdapat isu kesenjangan kekuasaan antara peneliti dengan yang diteliti, sehingga ada potensi untuk perlakuan yang kurang adil atau kurang menghormati. Sehingga semua peneliti perlu mencermati etika dalam penelitian secara etis.

Acara Pelatihan ini diikuti oleh 37 orang staf pendidik dengan rincian 32 orang Staf Pendidik Fakultas kedokteran Gigi, 1 orang dari Fakultas MIPA, 1 orang dari PSIK, 1 Orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan 1 orang dari Fakultas Ilmu Sosial Politik. Para peserta ini merupakan unsur cikal bakal  komisi etik di Fakultas masing-masing.

Acara yang dibuka secara langsung oleh drg. R.Rahardyan Parnaadji, M.Kes, Sp.Pros Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember sebagai tuan rumah pelatihan ini membahas materi

  1. Aplikasi Prinsip Etika Dalam Penelitian dan Penerapan Standar2 Universal: Demensi 3, 7, 25, 35, dan 48(mengenal dan menggunakan Standar WHO 2-11 dan WHO-CIOMS 2016)
  2. Tanggungjawab, dan Integritas Peneliti: Falsifikasi, Fabrikasi, Plagiat & Perilaku Tercela, dan Ketidakadilan Global
  3. Etik Penelitian Kerjasama dan Material Transfer Agreement (MTA)
  4. Etik Penelitian Epidemiologi dan Sosial Budaya
  5. Etik Penelitian Memanfaatan Hewan Percobaan
  6. Etik Penelitian Obat Herbal dan Pengobatan Tradisional
  7. Etik Uji Klinik dan Pengenalan GCP (Good Clinical Practices) dan penelitian genetika pada manusia dan pemanfaatan Bahan Biologik Tersimpan (BBT)
  8. Studi Kasus Mempelajari Perilaku Kesehatan
  9. Studi Kasus Kualitas Pelayanan Kesehatan Keluarga
  10. Studi Kasus Merekrut Subyek
  11. Studi Kasus Penyakit Genetik & Kepekaan Asap Rokok
  12. Menyisipkan Elemen Etik Dalam Penelitian: Desain Observasional, Kualitatif, dan Intervensi
  13. Draft, Borang, dan Instrumen Akreditasi bagi KEPK
  14. Standar Kelembagaan KEPK dan Standar Kesekretariatan Tata Kearsipan, Standar Operasional dan Prosedur KEPK.
  15. Telaah proses keputusan persetujuan protokol: exempted, expedited, dan full board

Dalam sambutannya dekan mengucapkan terima kasih kepada Panitia, semua peserta dan khususnya kepada dr. Triono Soendoro,M.phil, Ph.D, Ketua komisi Nasional Etik, Riset dan Pengembangan Kesehatan Nasional dan Bpk. Atma Deharja, SKM., M.Kes karena dengan kesibukan beliau masih bisa memberikan pelatihan Etik Kesehatan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Karena peserta pelatihan tidak hanya diikuti oleh lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember akan tetapi ada juga dari Fakultas Rumpun Kesehatan maka kami menyambut gembira antusiasime dari para peserta berbagai kalangan ilmuwan dari berbagai institusi  sebagai peneliti untuk bersama sama menyamakan presepsi  etika penelitian sehingga bisa berkembang ujar dekan Fakutas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Sedangkan dr. Triono Soendoro,M.phil, Ph.D, sebagai pemateri pertama dan pemateri kedua adalah Atma Deharja, SKM., M.Kes mengupas dengan jelas dan tuntas seluruh materi selama tiga hari mulai tanggal 11 sampai tanggal 13 Oktober 2017 (satar)