FKG UNIVERSITAS JEMBER GELAR UJI KOMPETESI MAHASISWA PROFESI DOKTER GIGI (UKMP2DG) PERIODE II DENGAN LANCAR

Publish on July 31st, 2017

osce3

Jember 31 Juli 2017, Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Periode II Tahun 2017 dilaksanakan serentak pada tanggal 28-29 Juli 2017 di seluruh Fakultas Kedokteran Gigi dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Merupakan Salah Satu Center yang Melaksanakan ujian tersebut dengan total peserta ujian Teori dan Praktek sebanyak 22 orang. Pada UKMP2DG kali ini, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember didatangi 1 orang pengawas Pusat drg. I Dewa Gede Budijenana M.Kes, Sp. Ort dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali dan 2 orang penguji eksternal yaitu drg. Sarianoferni, M.Kes dan drg. Sularsih, M.Kes dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah serta 8 orang penguji internal dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

osce2Dalam melakukan pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas pusat yaitu  drg. I Dewa Gede Budijenana M.Kes mengatakan Penjaminan Mutu melakukan monitoring dan evaluasi Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMP2DG) di FKG Universitas Jember tanggal 28-29 Juli 2017 khusunya untuk Objective Structured Clinical Examination (OSCE). UKMP2DG periode Juli 2017 berjalan sangat baik.

Menurut drg. R. Rahardian Parnaadji. M.Kes, Sp.Pros selaku Dekan, “Ujian OSCE / CBT saat ini lancar, dari mulai briefing kemarin berjalan sesuai rencana sehingga pada pelaksanaannya tidak ada kendala. Seperti persiapan peralatan yang diperlukan, semuanya sudah disiapkan dengan baik. Peralatan representatif sesuai dengan standar, sementara calon dokter gigi FKG Universitas Jember yang mengikuti CBT dan OSCE penilaian komponen kompetensi klinik seperti history taking, pemeriksaan fisik, procedural skill, keterampilan komunikasi, interpretasi hasil lab, manajemen dan lain-lain. Uji kompetensi ini menggunakan check-list yang telah disepakati dan mahasiswa mengikuti di 10 station ujarnya.

osce4Sedangkan menurut Koordinator Objective Structured Clinical Examination (OSCE) drg. Heppy Hamono, M.Kes menjelaskan OSCE merupakan bagian dari sistem asessment. Tujuan OSCE yaitu menilai kompetensi dan keterampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur. Sejak tahun 2013, Ditjen Dikti telah melaksanakan OSCE Nasional serentak diberbagai universitas sebagai salah satu syarat menjadi dokter gigi setelah dinyatakan lulus/kompeten dari ujian OSCE ini. Untuk lulus dari FKG, mahasiswa harus mengikuti serangkaian tes. Meliputi Computer Based Test (CBT) dan OSCE itu sendiri. CBT merupakan suatu tes yang menguji pengetahuan mahasiwa dalam bidang kedokteran. Dalam tes OSCE, semua kandidat mendapat soal yang sama sehingga tes ini objektif.(satar)