FKG UNIVERSITAS JEMBER LAKSANAKAN DIES NATALIS YANG KE 22

Publish on March 16th, 2017

DSC_0099

Jember, 16 Maret 2017 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember  menyelenggarakan acara Dies Natalis ke-22 pada hari ini 22 tahun lalu tepatnya tanggal 16 Maret 1995 merupakan awal sejarah masuknya Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi (STKG) Jember ke dalam Universitas Jember meskipun dengan  jalan yang sangat panjang dimulai Sejak tahun 1980, Universitas Jember (UNEJ) telah merintis rencana penambahan fakultas eksakta di lingkungan UNEJ yang diantaranya adalah Fakultas Kedokteran Gigi. Sehubungan dengan rencana tersebut, UNEJ melakukan persiapan-persiapan, dan pada tahun 1985 mulai menerima mahasiswa baru.

DSC_0141Oleh karena adanya beberapa halangan dalam penyelesaian ijin operasionalnya dan mahasiswa sudah sangat memerlukan status, maka selanjutnya diurus ijin operasional melalui Direktur Perguruan Tinggi Swasta pada tahun 1986 dengan SK Operasional No. 340/Q/1986, maka Fakultas Kedokteran Gigi di UNEJ resmi menjadi swasta dengan nama Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi Jember (STKG Jember) dibawah Yayasan Abdi Negara Jember. Pada tahun 1989 status operasional STKG Jember berubah menjadi status terdaftar dengan terbitnya SK Mendikbud No. 49/O/1989.

Universitas Jember sebagai Perguruan Tinggi Negeri, terus berupaya merealisasikan rencananya untuk mendirikan Fakultas Kedokteran Gigi di lingkungan UNEJ. Pada tahun 1995 terbit SK Dirjen. Dikti. No. 88/Dikti/Kep./1995,tanggal 16 Maret 1995 tentang pembentukan Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) UNEJ. Selanjutnya, mulai tahun akademik 1995/1996 PSKG UNEJ menerima mahasiswa untuk pertama kali. Pada saat bersamaan, STKG Jember dibekukan. Mahasiswa yang berasal dari STKG Jember selanjutnya ditempatkan di PSKG UNEJ melalui Ujian Penempatan yang diselenggarakan oleh Panitia Persiapan FKG Universitas Jember dari Fakultas Kedoteran Gigi Universitas Airlangga dibawah pengawasan Konsorsium Ilmu Kesehatan Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pada tahun 1998, status program Studi Kedokteran Gigi berubah menjadi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dengan SK Mendikbud No. 256/O/1998, tertanggal 21 Oktober 1998.

DSC_0198Tokoh-tokoh yang ikut mengantarkan proses berdirinya FKG UNEJ antara lain (a) Prof. Dr. Soenarjo, (b) Prof. Dr. Simanhadi W.P., (c) Ir. Soebroto Wijahno,MBA., (d) Dr. Winardi P.A., (e) Prof. Dr. Kabul Santosa (f) Prof. Dr. Ma’rifin Husin, serta (g) Drs. Iskandar SH.

Kegiatan di awali dengan Upacara bendera yang di ikuti oleh seluruh Civits Akademika FKG Universitas Jember ( Dosen, Admin dan Mahasiswa) dengan penuh hikmah dalam sambutannya drg. R. Rahadyan Parnaadji. M.Kes. Sp.Pros Dekan Fakultas kedokteran Gigi Universitas Jember menyampaikan rasa kebaggaan karena dengan usia 22 tahun ini FKG Universitas Jember sudah bisa sejajar dengan Fakultas kedokteran Gigi yang lebih dulu berdiri seperti FKG Universitas Indonesia, FKG Universitas Pajajaran, FKG. Universitas Gajah Mada dan FKG. Universitas Airlangga  serta FKG Universitas Tri Sakti  dan dengan Akreditasi LAMPTKes dengan nilai A maka FKG. Universitas Jember sudah sejajar dengan mereka.

Selanjutnta drg. R. Rahadyan Parnaadji. M.Kes. Sp.Pros mejelaskan Dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan kinerja dalam segala bidang baik Pendidikan, penelitian ataupun pengabdian pada masyarakat  seperti dalam bidang pendidikan Lama studi Mahasiswa S1 3,5 tahun dan lama studi Pendidikan Profesi 2,6 tahun dan rata rata IPK diatas 3,04, bidang Penelitian  tahun 2016 FKG Univeritas Jember mendapatkan dana hibah kompetitif sebesar Rp.352 juta sedangkan dalam pengabdian kepada masyarakat tahun 2016 telah bekerjasama dengan PT. Unilever Indonesia mengadakan bakti sosial perawatan gigi gratis pada 2.404 pasien yang melibatkan seluruh dosen dan 230 mahassiswa, Sedangkan bidang kemahasiswaan sejak tahun 2015 sampai sekarang mahasiswa FKG Universitas Jember menjadi langganan juara satu, dua dan tiga baik di tingkat Regional dan Nasional. Dalam pengembangan sumberdaya manusia kualifikasi tenaga pendidik terus meningkat dari 78 staf pendidik semua berpendidikan S2, Sp. Dan S3 dan ketambahan Guru besar  yatiu Prof. Dr. drg. FX. Ady Susetijo, Sp.Pros sehingga sampai saat ini sudah ada 4 orang guru besar.

DSC_0230Dies Natalis kali ini di barengi dengan pengumuman pemberian penghargaan bagi Dosen berpresatsi, Karyawan berprestasi dan Mahasiswa berprestasi masing masing menerima penghargaan dan dana pembinaan dan Fakultas kedokteran Gigi Universitas Jember.

Acara Dies Natalis diakhiri dengan pemtongan tumpeng sebagai ungkapan syukur kita kepada Allah SWT  DIRGAHAYU FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS JEMBER (satar + vila)