FKG UNIVERSITAS JEMBER MELAKSANAKAN SUMPAH DOKTER GIGI YANG KE 81

Publish on December 28th, 2016

sumpah-fkg1

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember menyelenggarakan Pengucapan Sumpah Dokter Gigi  pada hari kamis tanggal 15 Desember 2016 terhadap 19 Lulusan Dokter Gigi. Pengucapan Sumpah Dokter Gigi ini sedikit istimewa karena dihadiri oleh Jajaran Pimpinan Universitas Jember, Fakultas Kedokteran Gigi, PDGI Cabang Jember, Ketua Alumni, Orang Tua  dan dari ke sembilan belas Lulusan Dokter Gigi yang mengucapkan sumpah tersebut adalah :

drg. Aldis, drg. Alindia, drg. Ardian, drg. Arian, drg. Danang, drg. Agustya, drg. Syahdilla, drg. Narando, drg. Lubna, drg. Wahyu, drg. Firda, drg. Nova Amanda, drg. Rangga, drg. Sibta, drg. Dyah, drg. Vitta, drg. Wildhan, drg. Nova Andriana

sumpah2-fkgDalam Laporannya  Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Gigi yang juga menjabat sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademik Dr. drg.I Dewa Ayu Susilowati, M.Kes menyampaikan :“Mahasiswa dengan IPK teringgi 3.27 atas nama drg. Danang Dewantara Ananda Putra, selanjutnya beliau berpesan bahwa saudara lulus dari tahapan Pendidikan Dokter Gigi tetapi akan menghadapi ujian yang lebih berat lagi di masyarakat. Oleh karena itu, saudara harus bersikap profesional dalam memberikan pelayanan gigi dan mulut. Minimal ada 3 hal yang harus saudara penuhi untuk bersikap profesional dalam melayani masyarakat. Pertama dalam memberi pelayanan di bidang kedokteran gigi dan mulut harus berdasarkan SPM (Standar Pelayanan Medik) yang sudah ada. Kedua tidak melanggar Kode Etik Kedokteran Gigi dan mematuhi peraturan atau undang-undang tentang praktik kedokteran. Ketiga patuhi sumpah dokter yang saudara ucapkan, sehingga masyarakat akan menilai saudara sebagai Dokter Gigi yang baik dan profesional yang membawa nama baik almamater Universitas Jember”.

drg.R, Rahardian Parnaadji. M.Kes. Sp.Pros selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi dalam sambutannya memberi pesan “bagi lulusan Dokter Gigi harus melangkah lebih maju dan mandiri, mengaplikasikan apa-apa yang telah saudara peroleh selama belajar di kampus FKG Universitas Jember, karena saudara terjun langsung ke masyarakat yang sampai saat ini masih banyak yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima dengan profesionalisme yang tinggi dan menjaga nama baik almamater Universitas Jember. Selain itu Beliau juga berpesan untuk selalu menjaga komunikasi dengan almamater setelah menjadi alumni karena  umpan balik alumni sangat penting bagi pengembangan ilmu saudara dan pengembangan pendidikan/keilmuan  FKG Universitas Jember.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Zulfikar, M.Sc.Ph.D mengatakan saya sangat mengapresiasi sekali dengan Fakultas Kedokteran gigi karena sampai saat ini sudah melakukan sumpah ke 81 dan telah meluluskan 1580 dokter gigi karena menurut data di Indonesia sampai saat ini hanya ada 27.000 orang dokter gigi dan termasuk lulusan FKG Universitas Jember, dan baru kemaren FKG Universitas Jember melakukan Akreditasi dan saya harap mendapat nilai terbaik  nilai maksimal A

Dalam kesempatan itu juga salah satu perwakilan Lulusan Dokter Gigi drg. Aldis Putra Perdana dalam pidatonya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pimpinan Universitas, Dekanat, Dosen serta tenaga Kependidikan dan tidak lupa kepada Orang Tua, karena :“orang tua kami senantiasa memberikan dukungan dan do’a bagi keberhasilan kami.Selanjutnya ia mengatakan, 6 tahun ini kami lalui dan untuk sampai pada titik ini, dimana hari ini kami dapat menyandingkan gelar dokter gigi (drg) diantara nama kami. Terima kasih kepada para dosen yang luar biasa, yang telah membina dan membimbing kami sampai sekarang menjadi seorang dokter gigi, disini kami telah dibina tidak hanya dari segi keilmuan melainkan juga dari segi attitude sebagai seorang dokter gigi yang akan memiliki tanggung jawab besar di masyarakat. Dengan harapan pula kami akan menjadi Dokter Gigi alumni FKG  Universitas Jember yang memiliki tanggung jawab menjaga nama baik almamater Universitas Jember dan senantiasa meningkatkan keilmuan sebagai Dokter Gigi.(satar)