LULUSAN DOKTER GIGI BARU UNIVERSITAS JEMBER BARU WAJIB MENGIKUTI LATIHAN KEPEMIMPINAN

Publish on March 2nd, 2018

Jember 26 Pebruari 2018 Latihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan merupakan latihan keterampilan manajemen bertujuan untuk membentuk kader-kader yang akan bekerja sinergis, terpadu, penuh motivasi dalam pengembangan organisasi dengan pemberdayaan potensi yang dimiliki mahasiswa. Kegiatan organisasi mahasiswa merupakan perwujudan dari komitmen terhadap proses pendidikan dokter gigi dan merupakan mitra utama untuk pencapaian tujuan lulusan dan kemajuan bangsa dan negara, serta menumbuhkan pola pikir, kedisiplinan, kejujuran, kekompakan dan membentuk mental kepemimpinan yang tangguh serta jiwa kewirausahaan yang mandiri.

Dengan perkembangan teknologi informasi meningkatkan kemampuan masyarakat untuk tahu dan mengerti berbagai macam perawatan kedokteran gigi sehingga masyarakat menjadi pintar. Tentu saja hal ini akan mengubah tuntutan layanan yang diberikan harus memenuhi standar-standar yang mereka inginkan, efeknya masyarakat akan beralih menjadi pemilih. Menjadi pasien pemilih, mereka akan memilih dokter-dokter yang sesuai dengan standar pelayanan yang mereka inginkan. Oleh karena itulah Universitas Jember terus berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi. Karena hanya dengan kompetensi yang tinggi, mereka akan mampu bersaing dengan para kompetitor.

Suara optimis disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember, drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp. Pros dalam memberikan sambutan sekaligus pembukaan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan bagi calon lulusan dokter gigi baru selain dibekali dengan kompetensi yang lain. “Seluruh mahasiswa kami sebelum lulus, diwajibkan untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan beragam pelatihan lainnya diluar bidang kesehatan gigi dan rongga mulut,” ujarnya.

Menurut drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp. Pros untuk bersaing di era bebas seperti saat ini, lulusan FKG Universitas Jember wajib menguasai keilmuan kedokteran gigi, namun juga perlu melengkapi diri dengan keahlian yang lain, yang akan menjadi nilai tambah. “Untuk terjun di dunia kerja tidak cukup hanya dengan menguasai ilmu kedokteran gigi, perlu  kompetensi lainnya yang mendukung profesi sebagai dokter gigi,” tambahnya. Dokter gigi spesialis Prostodontis ini menilai kompetensi yang dimiliki oleh para dokter gigi lulusan FKG Universitas Jember sudah cukup bagus dan diatas rata-rata.

Salah satu pelatihan yang rutin diberikan bagi mahasiswa FKG Universitas Jember adalah pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan. “Seorang dokter gigi juga perlu pelatihan kepemimpin karena kami yakin diantara para lulusan nantinya akan ada yang menjadi pimpinan ditempatnya bekerja, atau mungkin ada juga lulusan yang lebih suka berbisnis alat-alat kesehatan maka dari itu kami berikan pelatihan kewirausahaan,” imbuh Dekan yang akrab dipanggil dokter Rahardyan ini.

Sedangkan materi dalam latihan Kepemimpinan ini di sampaikan oleh para pakar dan dosen dosen Fakultas Kedokteran Gigi seperti Informasi Studi Lanjut dokter gigi di sampaikan oleh Dr.drg. IDA Susilawati.M.es , Kepem impinan dan Pendelegasian Wewenang oleh Dr.drg.Herniyati.M.Kes,Perencanaan Program. Pembuatan Studi  Kelayakan dan Penyusunan Proposal dan Evaluasi dan Pelaporan Kegiatan oleh Prof. drg. Dwi Prijatmoko, SH, Ph.D, Teknik Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Oleh drg. Achmad Gunadi, MS.Ph.D, Kewirausahaan Dalam Bidang Kesehatan dan Tcknik publikasi dan Pemasaran oleh drg.Abdul Rochimm M.Kes, MMR , Kornunikasi Efektif. Ketrampilan Berorganisasi dan Mana jemen Konflik oleh Prof.drg. FX Adi Susetijo,M.Kes, Informatika Kesehatan dan Pemanfaatan IT dalam bidang Kedokteran Cigi oleh. Dr.drg. Ristiyawidi,M.Kes, Undang.undang Kesehalan dan Praktek Kedokteran Gigi serta  Pernasalahan di lapangan oleh drg. Heppy  Harmono.M.Kes, Manajemen Pelayanan Klinik oleh drg. Arief Setyo Argo.SH.MMR, Psikologi Pengelolaan Masyarakat dan Kiat  Menghadapi Wawancara Untuk Memperoleh Pekerjaan oleh AriantyoWirdjo Utomo, S.Psi, Informasi lapangan Pekeriaan (PTT) dan Kebijakan Pemerintah tentang BPJS oleh dr. Lilik Lailiyah.M.Kes dan Manfaat  Bank bagi Profesi  Dokter ,Manfaat Non-Bank bagi Prof’esi dokter Gigi oleh Dr.Hari Sukarno, SE,MM ( satar )