Pengajian Bulanan di Jum’at Berkah

Publish on November 12th, 2018

Pada Jum’at berkah 9 November 2018, sejumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan FKG Universitas Jember berkumpul di Musholla Ar Rayyan untuk melaksanakan pengajian rutin bulanan. Acara ini dihelat secara reguler tiap Jum’at pertama atau kedua di setiap bulannya. Diantara peserta pengajian nampak pula Wakil Dekan II yang berbaur bersama muslimah lain.

Pengajian ini diawali dengan pembacaan tawasul bagi almarhum/almarhummah keluarga besar FKG, yang dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasiin dan Tahlil. Acara ditutup dengan taushiah serta do’a yang dibawakan oleh Ust. Muhammad Taufikurrahman. Pada taushiahnya, Ust. Taufik memulai dengan menyampaikan firman Allah swt yang artinya,” “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (TQS. Ibrahim : 7). Beliau menyampaikan bahwa sungguh Allah swt telah melimpahkan banyak nikmat pada kita semua dengan jumlah yang tak terhitung, sehingga patutlah jika manusia bersyukur pada Allah swt. Dicontohkan Allah telah melimpahkan nikmatnya berupa gigi sehingga manusia dapat mengunyah dan menikmati makanannya. Namun saat Allah swt mengurangi sedikit saja nikmat-Nya dengan memberi rasa sakit pada salah satu gigi, sakitnya sungguh “menyiksa”. Barulah disadari betapa nikmatnya memiliki gigi yang sehat.

Ust. Taufik juga memberikan beberapa tips hidup bahagia dunia akhirat, diantaranya : Pertama Bertaubat. Hendaknya manusia membiasakan diri beristighfar dan menyesali perbuatan maksiat yang dilakukannya, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja. Kedua Muhasabah. Hendaknya manusia terbiasa intropeksi diri. Lebih banyak mencari keselahan diri untuk diperbaiki daripada sibuk mencari kesalahan orang lain. Ketiga Muraqabah. Senantiasa mawas diri dalam artian merasa selalu diawasi oleh Allah SWT sehingga dengan kesadaran ini mendorong manusia senantiasa rajin melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.  Keempat Mujahad. berarti bersungguh hati melaksanakan ibadah dan teguh berkarya amal shaleh, sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah SWT. (gigih)