SELAMAT FKG Universitas Jember Mendapat Nilai “A” Akreditasi LAM-PT Kes 2016

Publish on January 3rd, 2017

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember berdiri sejak tahun 1985 dengan status terdaftar dengan embrio STKG setelah menjadi PSKG tahun 1995 resmi mejadi Kedokteran Gigi Universitas Jember dengan mono program  dan sudah mendapatkan Akreditasi  dengan nilai B dari lembaga akreditasi  BAN – PT.

Untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi kesehatan, penjaminan mutu pendidikan tinggi sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang pendidikan tinggi nomor 12 tahun 2012 dilaksanakan secara internal melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun penjaminan mutu eksternal melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karena itu setiap perguruan tinggi wajib melaksanakan 2 hal tersebut untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Berdasarkan amanat Undang – undang nomer 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi maka dibentuklah Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia ( LAM –PTKes ), maka pada tahun ini tepatnya tanggal 22 Nopember 2016, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember dilakukan lagi Akreditasi oleh lembaga LAM – PTKes, Acara dimulai on site vicite diawali dengan peninjauan keliling ke lingkungan dan fasilitas kampus, ke ruangan dosen, ruangan Dekan, Ruangan BEM, ruangan kelas, Ruangan konseling, ruangan alumni, ruangan UKS, MUshola, ruangan Sklil laboratorium, ruangan laboratorium hewan coba,  dilanjutkan dengan kajian borang dan sistem dokumentasi standar 1 sampai dengan standar 7, wawancara dengan mahasiswa, karyawan, alumni, pembimbing lahan praktek, sungguh perjuangan yang sangat berat, mengisi borang, melengakapi data, mendengarkan arahan dari fasilitator, tetapi semua menjadi lega dan bersyukur, karena acara dapat berjalan dengan lancar, tidak ada suatu perubahan yang signifikan dari hasil kerja civitas akademika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember, baik karyawan maupun mahasiswa, alumni, dan pembimbing lahan saling bekerjasama mensukseskan Akreditasi ini.

Yang dimaksud dengan akreditasi adalah suatu kegiatan untuk menilai kelayakan suatu lembaga dalam melaksanakan fugsinya. Pengakuan terhadap kelayakan dapat ditunjukkan melalui perolehan sertifikat baik yang bertaraf nasional maupun internasional; seperti sertifikat ISO yang diberikan oleh badan internasional (The International Organization for Standardization).  

Dan hari ini sudah terpuaskan dengan hasil kineja bersama, tetapi hati masih berdebar – debar, dikarenakan waktu menunggu adalah waktu yang sangat merisaukan, apalagi menunggu hasil akrediatasi, penilaian dari Majelis Kesehatan Pusat, dan pada tanggal 25 Nopember 2016,  dan hasil akreditasi untuk Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember, dari LAM-PTKes adalah : A. Hasil yang sangat kita syukuri bersama segenap civitas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember,. Terimakasih kepada semua yang terlibat dalam persiapan dan proses Akreditasi ujar Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember, drg. R.Rahadyan Parnaadji.M.Kes. Sp.Pros.

Dan kami sangat bersyukur atas diterimanya SK hasil dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT Kes) No: 1020/LAM-PT Kes/Akr/SK/2016. Dengan nilai “A” untuk Jenjang Sarjana Kedokteran Gigi Dan nilai “A”  SK No: 1021/LAM-PT Kes/Akr/SK/2016 untuk profesi Kedokteran Gigi

Selanjutnya Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember drg. R.Rahadyan Parnaadji.M.Kes. Sp.Pros.  menyebutkan bahwa kita hendaknya bersyukur atas capaian hasil akreditasi yang telah diperoleh ini. Hal yang paling berat selanjutnya yang harus kita lakukan, lanjut beliau adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan kualitas sebagai bentuk komitmen dari capaian hasil akreditasi tersebut. Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari LAM-PTKes mengenai akreditasi program studi, yaitu tujuan akreditasi bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkret yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan (culture of continuous quality improvement). Semoga Kedokteran Gigi Universitas Jember kedepan juga dapat bersama-sama meningkatkan mutu dan kualitas sehingga tercapai Sesanti Universitas Jember “ Karya Rinaras ambuka Budhi, Gapura mangesti Aruming Bawana seperti yang kita harapkan bersama, Dalam rangka memberikan arah dalam meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran secara berkelanjutan, UNEJ telah merumuskan kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (Quality First).(satar)