Staff FKG UNEJ Berlatih Padamkan Kebakaran

Publish on October 29th, 2018

Jum’at, 26 Oktober 2018 Dekan FKG Universitas Jember membuka kegiatan Pelatihan Pemahaman Penggunaan Alat Pemadam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unsur yang meliputi Dosen, tenaga pendidikan, tenaga keamanan serta cleaning service yang bertugas di Fakultas Kedokteran Gigi dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember.

Pelatihan ini dirasa penting untuk dilakukan sebagai bagian pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Terlebih lingkungan FKG dan RSGM Universiitas Jember memiliki beberapa potensi resiko kecelakaan kerja yang berhubungan dengan kebakaran, seperti keberadaan sejumlah Labarotarium dan Klinik yang memiliki bahan – bahan mudah terbakar.  Instruktur pada kegiatan ini adalah sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Jember.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi secara indoor di ruang Gedung Serba Guna FKG Universitas Jember. Instruktur menyampaikan sejumlah “teori” tentang bahaya kebakaran. Diantaranya mengenalkan jenis – jenis bahan yang mudah terbakar dan alat . Peserta juga mendapat tips untuk mencegah bencana kebakaran serta tips evakuasi saat kejadian kebakaran.

Pelatihan dilanjutkan praktek pemadaman api yang dilaksanakan di halaman FKG Universitas Jember. Petugas mengajarkan teknis memadamkan api dengan menggunakan alat tradisional seperti karung goni basah, maupun teknis pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), baik yang berbahan CO2 maupun Powder.  Peserta pelatihan mengikuti kegian ini dengan antusias. Sejumlah dosen dan karyawan bergantian mengajukan diri menjadi relawan untuk memperagakan teknik – teknis pemadaman api.

Melalui pelatihan ini diharapkan segenap sivitas akademik FKG dan staf RSGM Universitas Jember dapat memahami cara-cara penanganan bahaya bencana kebakaran sehingga mampu melakukan langkah-langkap antisipatif yang diperlukan. Pelatihan ini juga merupakan bagian dari persiapan FKG Universitas Jember dalam menghadapi akreditas institusi pendidikan tingkat ASEAN atau AUN QA (ASEAN University Network-Quality Assurance).(gigih)