Mahasiswa FKG UNEJ juarai Iscoms Belanda

Publish on July 4th, 2014

Mahasiswa Fakuktas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG Unej), Provinsi Jawa Timur, Amalia Rahmaniar Indrati berhasil menjuarai penelitian kategori Oral Session bidang kedokteran gigi The 21st International Student Congress of (Bio) Medical Sciences (Iscoms) 2014 yang digelar University of Groningen Belanda.

“Berkesempatan untuk berada dalam kompetisi internasional seperti di Oral Session pada acara ISCOMS merupakan prestasi tersendiri bagi kami dan FKG Universitas Jember,” kata Indrati di Jember, Jumat (4/7/14).

Bersama dua rekannya M Ainun Najib, dan Hendra Jaya Permana, Indrati mengikuti kompetisi dengan penelitiannya berjudul Solubility of Enamel Calcium in Saliva of Dosability People (In-Vitro Test) berhasil menjadi juara pertama kategori Oral Session bidang kedokteran gigi.

“Saya berangkat sendiri ke Belanda, karena M Ainun dan Hendra tengah sibuk menjalani masa ko-asistensi. Namun, saya banyak mendapat pengalaman yang luar biasa dari kompetisi internasional itu,” tuturnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) Penalaran Dentin di FKG Universitas Jember itu mengaku mengetahui kegiatan Iscoms itu dari internet pada Desember 2013.

Dia kemudian mengajak kakak kelasnya Ainun dan Hendra untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian tersebut. “Pada Februari lalu, kami mendapatkan pemberitahuan. Karya tulis kami diterima panitia Iscoms dan diundang memberikan presentasi di Belanda.”

Menurut dia, timnya fokus untuk melakukan penelitian mengenai kadar kelarutan enamel kalsium di saliva atau ludah para penyandang cacat, khususnya penderita retardasi mental dan penyandang cacat buta.

“Selama sepekan penuh, kami konsentrasi mengerjakan penelitian dan beruntung penelitian awal sudah dilakukan oleh mas Ainun dan Hendra melalui skripsinya masing-masing. Kami tinggal meneruskan penelitian tadi dengan objek penelitian penyandang cacat,” ujarnya memaparkan.

Dari ratusan karya tulis ilmiah yang diterima panitia dari seluruh dunia, lanjut dia, hanya dua karya tulis ilmiah dari Indonesia yang berhasil masuk ke sesi presentasi, yakni dari Universitas Jember dan Universitas Indonesia.

Sementara di kategori Poster Session, Indonesia juga berbangga karena diwakili tim dari Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Sam Ratulangi.

sumber : http://kanalsatu.com/id/post/27145/mahasiswa-fkg-unej-juarai-iscoms-belanda

Tags: , ,