Seminar Manajemen Pelayanan dan Character Building

Pada kamis, 27 Mei 2021 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember menerima kunjungan Wakil Bupati Jember, KH. Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Kunjungan tersebut bukanlah kunjungan biaasa, namun Gus Firjaun hadir dalam rangka memberikan motivasi guna membangun kharakter manajemen pelayanan prima bagi segenap Sivitas Akademika Universitas Jember.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua bentuk, yakni daring dan luring dalam rangka menjaga protokol kesehatan. Gus Firjaun menyampaikan materi di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember bersama dengan pimpinan fakultas, pimpinan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) serta unsur pimpinan administrasi di lingktungan FKG Universitas Jember yang hadir secara on site. Sementara para dosen dan tenaga pendidikan mengikuti acara character building melalui link zoom meeting.

Memanfaatkan momen Bulan Syawal 1442 H, Gus Firjaun mencoba membangun kharakter layanan prima para dosen dan tenaga pendidikan dari sisi spiritual. KH. Muhammad Balya Firjaun Barlaman menjelaskan bahwa setiap manusia terlahir dengan potensi positip. Semua orang berbakat menjadi orang baik. “Untuk menjaga potensi positif tersebut manusia harus mengikuti tuntunan dari Allah Swt Tuhan YME”. Menurut beliau setiap orang hendaknya meniatkan semua aktivitas yang dilakukannya sebagai ibadah, termasuk saat menjalankan tugas dalam pekerjaan, baik sebagai dosen maupun tenaga kependidikan.

Bekerja dengan niat ibadah kepada Allah swt Tuhan Yang Maha Esa diyakini akan membangun motivasi untuk bekerja secara ikhlas dan tuntas untuk melayani segenap “costumer”, baik mahasiswa, orang tua wali, alumni maupun para stake holder lain. Kharakter bekerja sebagai bagian dari ibadah yang terinternalisasi pada pribadi – pribadi pelayan publik diharapkan dapat mewujudkan layanan prima di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Melalui kegiatan Character Building manajemen layanan prima diharapkan dapat mewujudkan tercapainya misi FKG Universitas Jember Mengembangkan sistim manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan mutu layanan dan kepuasan stakeholders.