Jalan Kalimantan No. 37
Kampus Tegalboto, Jember
Hubungi Kami
+(0331) 333536

Dua Mahasiswa FKG Berlaga di PON XXI Aceh – Sumatera Utara

Pekan Olahraga Nasional ( PON) adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). PON diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia. PON XXI tahun ini akan diselenggarakan pada 9-20 September 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 5.636 atlet akan hadir untuk berkompetisi pada 46 cabang olah raga. Diantara ribuan atlet yang akan bertanding, terdapat dua orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember yang turut berlomba. Mereka adalah Ignatius Oswyn dari angkatan 2023 dan Hanum Zahra Fawwazyanti dari angkatan 2024.

Iqnatius Oswyn akan berlomba mewakili Provinsi Nusa Tenggara barat pada cabang olahraga selam kolam dalam nomer 200 m dan 400 m Bifin. Mahasiswa semester III ini merupakan atlet handal di daerahnya. Terbukti Oswyn menjadi Peserta Terbaik Seleksi Atlit POSSI Provinsi NTB untuk Pra-PON XXI. Ia juga pernah meraih sejumlah prestasi, diantaranya Medali Perunggu Nomer 200 m Bifin KU A Putra ajang Badung Sport Tourism Finswimming Series 2 dan Medali Perunggu Nomer 400 m Bifin KU A Putra ajang Badung Sport Tourism Finswimming Series 2. “Target saya tentu saja mendapatkan medali dan memberikan hasil yang terbaik” ujarnya optimis.

Adapun Hanum Zahra Fawwazyanti adalah atlet Woodball dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia akan berkompetisi pada nomor single stroke putri. Hanum merupakan peraih Juara 1 Banten Woodball  Championship 2024, nomor pertandingan double stroke putri. Juara 2 Kejuaraan Nasional di Semarang tahun 2024, nomor pertandingan single stroke putri. Dan Juara 2 Kejuaraan Nasional di Solo tahun 2024, nomor pertandingan single stroke putri. “Target saya di PON adalah (meraih) medali emas.” Tegas Maba FKG 2024 ini.

Uniknya Hanum punya tiga orang kakak yang sama – sama kuliah di FKG Universitas Jember dan juga atlet Woodball.  drg. Afthin yang telah lulus, Hana Fathin Novitasari, S. KG yang sedang koas, pernah mewakili Indonesia dalam Kejuaraan internasional Woodball di Chiang Mai, Thailand tahun 2018. Sementara Hasna Dzakiyyah Fauziyanti adalah atlet yang mewakili DIY pada PON Papua 2020.

Woodball sendiri diketahui berasal dari Taiwan yang masuk ke Indonesia pada kisaran tahun 2002. Woodball merupakan olahraga yang serupa dengan golf, hanya saja terdapat perbedaan di peralatan. Peralatan woodball sendiri sesuai namanya berbahan dari kayu, mulai dari bola, alat pemukul (mallet) hingga gawang (gate). Woodball memiliki sedikit perbedaan dengan golf, apabila golf memasukkan bola pada lubang, maka woodball memasukkan bola ke dalam gawang. Dalam permainan woodball terdapat dua cara bermain woodball yakni beregu (ganda stroke) dan single stroke. (agp)

AboutAdmin