Jalan Kalimantan No. 37
Kampus Tegalboto, Jember
Hubungi Kami
+(0331) 333536

Are You Ready for PPDGS ?

FKG Universitas Jember selalu berkomitmen untuk senantiasa berkolaborasi dan bekerjasama serta menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak dalam membangun dan memajukan institusi. Salah satunya dengan para alumni yang tersebar di nusantara sejumlah 2.415 dokter gigi. Berbagai kegiatan sebagai bentuk kolaborasi dengan para alumni telah dan akan terus dilakukan. Menghadirkan para alumni sebagai pemateri atau pembicara kegiatan – kegiatan seminar ataupun webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas maupun Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan FKG Universitas Jember.

Kegiatan terkini yang dilaksanakan oleh dan untuk alumni adalah Diskusi Interaktif secara Daring atau Webinar bertajuk “Are You Ready for PPDGS ?”. Kegiatan ini digelar oleh FKG bekerjasama dengan Pengurus Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) Komisariat FKG. Kegiatan di helat pada pada ahad tanggal 22 September 2024. Kegiatan diselenggarakan untuk memotivasi dan memberi kiat bagi para alumni untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Program Profesi Dokter Gigi Spesialis atau PPDGS.

“Seorang dokter gigi harus terus berusaha meningkatkan pengetahuan dan kompetensi / kemampuan profesi yang dimilikinya dengan mengikuti pendidikan, baik formal (S2 atau spesialis) maupun nonformal seperti workshop – workshop dan seminar.” Ujar Dekan memotivasi para alumni.

Kegiatan webinar ini menghadirkan empat orang alumni yang bertindak sebagai pemateri dan moderator, yakni drg. Fasihul Ibad, yang saat ini menempuh PPDGS Konservasi Gigi di FKG Unhas. drg. Faisal Rizki, MM  yang sedang melaksanakan PPDGS Ilmu Kedokteran Gigi Anak di FKG Unair. Serta drg Hendrijaya Permana, Sp.B.M.M yang telah menyelesaikan PPDGS  Bedah Mulut Maksilofasial di FKG Universitas Hasanudin, Makasar. Kegiatan dipandu oleh drg. Hanifah Nailul Amania, yang sedang menjalani PPDG Konservasi Gigi.

drg. Hendri menyajikan materi dengan tema “Journey to be Oral and Maxillofacial Surgeon dan Persiapan Seleksi PPDGS”, alumni yang saat ini mengabdi sebagai dosen di almamaternya ini memberikan tips bagi sejawatnya yang ingin melanjutkan pendidikan dokter gigi spesialis. Ia menegaskan beberapa hal, diantaranya :

  1. Tentukan target dan buat prioritas
  2. Susun Rencada cadangan
  3. Update info tentang Perguruan Tinggi dan Prodi Impian
  4. Perhatikan Persyaratn umum dan persyaratan Khusus
  5. Atensi khusus untu beberapa berkas yang membutuhkan waktu untuk menyiapkannya

Melalui webinar ini diharapkan semakin menggugah para alumni untuk terus meng-update kompetensinya sebagai dokter gigi. (agp)

AboutAdmin