Jalan Kalimantan No. 37
Kampus Tegalboto, Jember
Hubungi Kami
+(0331) 333536

Endodontic Treatment for Beginner

Keluhan gangguan kesehatan gigi dan mulut ada banyak rupa. Mulai dari sakit saat mengunyah makanan, gigi goyang, ngilu saat mengkonsumsi makanan panas atau dingan dan sebagainya. Keluhan–keluhan tersebut perlu segera ditangani secara proporsional sesuai prosedur yang ada. Salah satu bentuk perawatan diantaranya, perawatan saluran akar gigi atau endodontik.

Guna memberikan wawasan yang lebih luas pada mahasiswa Kedokteran Gigi, baik tingkat sarjana maupun koas, FKG Universitas Jember menyelenggarakan Webinar dengan tema “Problem Solving in Endodontic Treatment for Beginner”. Kegiatan yang digelar secara daring pada 2 Oktober 2024 ini merupakan rangkaian Kuliah Pakar tahun 2024. Kuliah Pakar Seri 3 Tahun 2024 ini menghadirkan drg. Nevi Yanti, Sp.KG. Subsp.KE (K)., M.Kes. dari FKG Universitas Sumatera Utara sebagai pemateri. Beliau merupakan dokter gigi Spesialis Konservasi Gigi, Subspesialis Konservasi Endodontik, Konsultan.

Melalui webinar ini mahasiswa mendapatkan wawasan bahwa, perawatan saluran akar terdiri dari tiga tahap utama (Triad Endodontik). Triad endodontik terdiri dari preparasi, sterilisasi dan pengisian saluran akar. Hal yang perlu mendapatkan atensi khusus adalah gigi yang telah dirawat secara endodontik lebih rentan terhadap fraktur dibandingkan gigi vital yang belum direstorasi dan juga tidak memiliki sifat tembus cahaya spt aslinya sehingga memerlukan perawatan restoratif khusus.

“Kuliah Pakar ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh FKG Universitas Jember dengan mengundang para pakar di berbagai bidang ilmu. ” Tutur Wakil Dekan I. Dr. drg. Suhartini, M. Biotech., melanjutkan,”Kegiatan ini juga merupakan bagian dari realisasi kerjasama anatara FKG Universitas Jember dengan mitra – mitra yang telah memiliki Perjanjian Kerjasama atau PKS, khususnya mitra sesama Institusi Pendidikan Dokter Gigi (IPDG).”

Agenda Kuliah Pakar tahun akan berlangsung sebanyak 11 seri sesuai jumlah bidang ilmu atau konsentrasi yang ada di lingkungan FKG Universitas Jember. Kegiatan dilaksanakan setiap pekan sejak september hingga akhir november 2024. (agp)

AboutAdmin