Jalan Kalimantan No. 37
Kampus Tegalboto, Jember
Hubungi Kami
+(0331) 333536

Sarapan Bergizi Sambil Mencetak Rekor MURI

Universitas Jember (UNEJ) menunjukkan komitmennya dalam mendukung inovasi di bidang ketahanan pangan dan gizi. Unej dan para alumninya menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan ketahanan pangan dan gizi dalam bentuk seminar, workshop dan sarapan bergizi bersama siswa – siswi SD di Kabupaten Jember.

Ketua Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) Komisariat Kedokteran Gigi, drg. Hamid Dwi Supriyanto, didapuk sebagai penanggung jawab kegiatan Gerakan Sarapan Bergizi atau Sarazi. Kegiatan digelar pada 17 Oktober 2024 bertempat di Auditorium Universitas Jember serta di beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumbersari dan Kaliwates.

“Yang pertama kami mengenalkan kebiasaan sarapan pagi untuk anak-anak. Dimana ini hal yang sangat penting dan sarapan ini merupakan energi buat anak-anak yang akan berangkat sekolah, sehingga mereka selama belajar di sekolah bisa belajar dengan konsentrasi,” ujar drg. Hamid Dwi Supriyanto.

“Kemudian yang kedua kami mengenalkan Beras Fortifikasi. Ini adalah beras yang dimodifikasi menjadi kaya vitamin. Ini juga akan meningkatkan imun pada yang mengkonsumsi,” sambungnya.

“Nah yang ketiga agar anak-anak itu juga mengenal B2SA atau Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman. Kalau dulu B2SA ini disebut 4 sehat 5 sempurna. B2SA terdiri dari nasi, lauk, sayur, dan buah, susu juga,” ulasnya.

Uniknya kegiatan Sarazi yang digelar di Unej itu juga berhasil mencatat rekor MURI baru. “Kegiatan diikuti oleh total 675 siswa SD yang hadir di lokasi secara langsung.
Kemudian 325 siswa SD yang ikut secara daring. Ini rekor baru dan kami belum pernah mencatatnya. Total semua siswa yang ikut ada 1000 pelajar. Tercatat sebagai rekor ke 11.963. yakni sarapan dengan bahan beras fortifikasi oleh pelajar terbanyak. Muri menganugerahkan sebuah rekor, karena ini termasuk kategori layak untuk dicatatkan. Dan itu segala sesuatu yang sifatnya superlatif yang dapat kami hitung,” kata Senior Customer Relation Manager MURI, Andre Purwandono.

Wakil Dekan FKG Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, drg. Zahara Meilawaty, M. Kes., menyampaikan bahwa,”Kegiatan Sarazi (Sarapan Bergizi) dilakukan oleh Universitas Jember (Unej) menggandeng Bapanas (Badan Pangan Nasional) serta Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) dalam agenda bertajuk “Tegal Boto Memanggil 3.”

drg. Zahara Meilawaty, M. Kes., yang juga lulusan FKG Unej ini melanjutkan bahwa pada kesempatan tersebut sejumlah alumni FKG Universitas Jember yang hadir turut menyemarakkan kegiatan dengan melakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di arena kegiatan. (agp)

AboutAdmin