Webinar Edukasi dalam Rangkaian BKGN 2021

Publish on October 14th, 2021

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember merupakan Institusi Pendidikan Dokter Gigi (IPDG) yang mempunyai komitmen terhadap pembangunan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya kesehatan gigi dan mulut. Peran FKG Universitas Jember sebagai sebuah institusi pendidikan diaplikasikan  melalui agenda Tridarma Pendidikan Perguruan Tinggi, khususnya bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.

Peran ini direalisasikan FKG Universitas Jember dalam berbagai bentuk, salah satunya bekerja sama dengan Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent untuk melaksanakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2021. BKGN merupakan sebuah program kegiatan yang di dalamnya terdapat aspek pendidikan kesehatan gigi dan mulut serta layanan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk.”

Drg. Dwi Kartika Apriyono, M. Kes., Sp. OF, selaku sebagai Ketua Panitia kegiatan BKGN 2021 menyampaikan,,”Pandemik COVID-19 adalah suatu realitas. Kondisi ini telah merubah banyak gaya hidup masyarakat Indonesia bahkan kehidupan manusia di tingkat global. Salah satunya adalah membatasi aktivitas dan interaksi antara pasien dan dokter gigi dalam rangka pengobatan maupun perawatan kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu dibutuhkan solusi guna mempromosikan kesehatan gigi dan mulut di tengah berkembangnya Covid 19. Maka FKG Universitas Jember berinisiatif menyelenggarakan webinar edukasi yang dapat mewujudukan peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dimasa pandemik COVID-19 ini”.

Drg Dwika juga menyampaikan bahwa Webinar edukasi online merupakan upaya efektif di tengah keterbatasan kegiatan tatap muka dalam mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan di situasi pandemi COVID-19 dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pada tahun ini webinar edukasi dilaksanakan dua kali dengan pembicara para expert muda yang merupakan tenaga edukasi (dosen) FKG Universitas Jember.

Webinar seri pertama menghadirkan drg. Ratih Delio Rakhmadian, Sp.KG. Dokter spesialis konservasi gigi ini mengangkat materi dengan tajuk “Perawatan gigi berlubang di era pandemi covid-19” yang dilaksanakan pada 5 Oktober 2021. Adapun webinar edukasi seri kedua dilaksanakan pada hari rabu tanggal 13 Oktober 2021 dengan pemateri drg. Neira Najatus Sakinah, S. KG., Alumni FKG Universitas Jember yang sedang menempuh pendidikan dokter gigi spesialis ini mengangkat materi tentang ‘Menjaga gusi tetap sehat di masa pandemi covid-19”.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan streaming youtube ini diikuti oleh Dokter Gigi, mahasiswa dan masyarakat umum. (agp)