ADA CRANIUM di CURAHKALONG

Publish on April 1st, 2019

Kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara umum oleh karena itu sangat penting menjaga kondisi gigi dan mulut tetap sehat dan bersih. Guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut, segenap mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember menyelenggarakan bakti sosial di Desa Curahkalong, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember pada 30-31 Maret 2019.

Bakti sosial ini dilaksanakan oleh mahasisea FKG Universitas Jember angkatan 2018 dengan bertajuk “Care and Action with Eldentum (CRANIUM)”. Kegiatan ini merupakan bagian pembelajaran tentang pengabdian pada masyarakat bagi mahasiswa semester II. “Dengan bakti sosial ini kalian akan mendapatkan pengalaman luar biasa dalam berhubungan dengan masyarakat.” Demikian sambutan Ketua BEM FKG saat melepas mahasiswa menuju lokasi bakti sosial.

Pelaksanaan bakti sosial dimulai pada Jum’at 29 maret 2019 dengan memberangkatkan tim pionir yang bertugas membawa logistik baksos dan menyiapkan lokasi. Adapun tim inti pelaksana bakti sosial diberangkatkan pada keesokan harinya.

Bakti sosial ini memiliki beberapa agenda kegiatan, yakni : penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut sertapengobatan gigi dan mulut. Penyuluhan dilakukan di Desa Curahkalong dengan dengan titik suluh berada pada tiga Sekolah Dasar dan satu Madrasah Ibtidaiyyah. Penyuluhan ini dilakukan pada hari sabtu 30 Maret 2019. Agenda berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gigi dan mulut yang berlokasi di SDN Curahkalong 03. Pada pelaksanaan baksos ini panitia mendapat dukungan 18 dokter gigi dari unsur dosen, 39 tenaga Co ass dan 10 teknisi.

Kegiatan ini mendapat dukungan masyarakat dan support penuh dari pihak sekolah. Terbukti pihak sekolah mempersilakan tim mahasiswa menggunakan seluruh prasaraa sekolah untuk keperluan bakti sosial ini. Di sisi lain terdapat antusiasme masyarakat untuk menghadiri kegiatan ini. Tercatat 227 pasien anak dan dewasa mendapat layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gigi dan mulut dalam bakti sosial ini. Pelaksanaan Baksos Maba 2018 ini diharapkan berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan gigi mulut masyarakat khususnya yang berada di sekitar lokasi kegiatan. (Gigih)