Badan Eksekutif Mahasiswa


Profil

bem

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FakultasKedokteran Gigi Universitas Jember merupakan lembaga eksekutif kemahasiswaan dalam organisasi mahasiswa FKG UNEJ yang memiliki tugas serta wewenang sebagai berikut :

Tugas BEM FKG UNEJ :

  1. Melaksanakan hasil Mubes Fakultas.
  2. Memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan mahasiswa.
  3. Memberikan tanggapan atas penggunaan hak interpelasi dan hak angket yang disampaikan oleh BPM FKG UNEJ.
  4. Menyerap, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa.
  5. Menjaga etika dan norma dalam hubungan kerja dengan lembaga lain di Ormawa FKG UNEJ.
  6. Meminta pengesahan program kerja pada BPM FKG UNEJ di awal periode kepengurusan.
  7. Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada BPM FKG UNEJ.
  8. Membimbing dan mengontrol kualitas UKMF FKG UNEJ.

Wewenang BEM FKG UNEJ :

  1. Mengadvokasi mahasiswa dalam hal dana dan fasilitas di tingkat FKG UNEJ.
  2. Mewakili mahasiswa FKG UNEJ baik kedalam maupun keluar fakultas.
  3. Melayani dan mengkoordinasi UKMF FKG UNEJ

Kepengurusan  BEM FKG UNEJ pada tahun 2021 yang diketuai oleh LaurianSeptianindra Ciptadari Angkatan 2018 dan wakilnya Prabandaru Her Ryandhanadari Angkatan 2019  ini diberinamaKabinet “Kabinet Cipta Karsa” Kata “Cipta” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya mengadakan sesuatu yang baru, sedangkan “karsa” artinya niat, kehendak, daya atau pun kekuatan dari jiwa yang menjadi dorongan manusia untuk berbuat. Dengan nam aini, melambangkan bahwa kabinet ini memiliki niat yang kuat untuk berbuat memunculkan berbagai inovasi baru yang bisa berdampak positif bagi kemajuan organisasi sehingga dapat menebar kebaikan serta  kebermanfaatan. Adapun logo kabinet sebagai berikut :

Pada logo ini memiliki filosofi dan makna sebagai berikut :

  • Filosofi Bentuk

– Simbol Lampu : Simbol ini melambangkan inovasi dan hasil dari inovasi disebut juga dengan cipta. Dimana harapannya BEM FKG Universitas Jember nantinya akan banyak memunculkan inovasi baru sehingga menimbulkan cipta sesuai dengan kata pertama dari nama kabinet yang diusung.

– Simbol Gigi : Gigi melambangkan bahwa BEM FKG Universitas Jember merupakan suatu organisasi mahasiswa kedokteran gigi dibawah naungan FKG UniversitasJember.

– Tulisan “Kabinet Cipta Karsa”: Menegaskan nama kabinet yang akan dibawa oleh BEM FKG Universitas Jember 2021.

  • Filosofi Warna

– Biru (Pada SimbolLampu) Warna biru melambangkan sikap profesionalisme yang harapannya merupakan sikap yang selalu diterapkan oleh BEM FKG Universitas Jember dalam menjalankan aktivitasnya.

– Merah (Pada Simbol Lampu) Warna merah melambangkan sebuah simbol keberanian, kekuatan dan energi. Juga gairah untuk melakukan tindakan yang harapannya BEM FKG Universitas Jember selalu memiliki gairah untuk melakukan suatu tindakan yang positif sesuai dengan kata kedua dari nama kabinet yang diusung yaitu “Karsa”.

– Hijau (Pada Simbol Lampu) Warna hijau melambangkan makna keseimbangan. Dimana harapannya sesuai dengan visi yang diusung oleh kabinet yaitu memilki keseimbangan dalam kontribusi pendidikan, pengembangan dan pengabdian untuk FKG Universitas Jember serta masyarakat umum.

– Jingga (Pada Simbol Gigi dan TulisanKabinetCiptaKarsa) Warna jingga ini melambangkan rasa kekeluargaan ingin dibentuk BEM FKG Universitas Jember baik dalam internal BEM maupun seluruh civitas akademika FKG Universitas Jember.

Adapun visi dan misi kabinet cipta karsa 2021 adalah sebagai berikut:

Visi

Terwujudnya BEM FKG Universitas Jember yang memiliki cipta karsa dengan berfokus pada keseimbangan kontribusi pendidikan, pengembangan, dan pengabdian untuk FKG Universitas Jember serta masyarakat umum.

Misi

  1. CIPTA KARSA profesionalitas kerja ormawa dalam bingkai kekeluargaan
  2. CIPTA KARSA kolaborasi, relasi, dan advokasi dengan stakeholder terkait
  3. CIPTA KARSA pengabdian kepada masyarakat
  4. CIPTA KARSA pendidikan dan prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik
  5. CIPTA KARSA jejaring aspirasi mahasiswa

BEM FKG UNEJ 2021 pada tahun 2021 memiliki beberapa progam kerja unggulan sebagai wujud implementasi terhadap tri dharma peguruan tinggit yaitu DESA BINAAN, BAKTI SOSIAL ORGANISASI MAHASISWA, BAKTI SOSIAL NASIONAL, ROAD TO UKMP2DG dan DENSPIRATION serta masih banyak lagi kegiatan kemahasiswaan BEM FKG UNEJ yang siap untuk mendukung pengembangan mahasiswa Fakultas Kedokteran  Gigi Universitas Jember dan menebar kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

Dokumentasi BEM FKG UNEJ  survey pedagang kaki lima dalam rangka pengabdian masyarakat.

 

Kepengurusan

Sambutan Dekan
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG UNEJ) berproses dan berkembang seiring dengan perwujudan cita-cita luhur pendiri Universitas Jember yang tertuang dalam sesanti "“Karya Rinaras Ambuka Budi Gapura Mangesti Aruming Bawana”,yang bermakna bahwa FKG UNEJ bertekad dan berkomitmen bekerja keras, selaras, serasi dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menghasilkan lulusan sebagai manusia seutuhnya dan bermartabat yang pengabdiannya di masyarakat selalu membawa keharuman bangsa dan negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia. Read more.


Galeri
Archives
Media Sosial FKG
Top