FKG Gelar PPMB bagi Maba 2021

Publish on September 14th, 2021

Salah satu misi FKG Universitas Jember adalah menyelenggarakan dan mengembangkan Ipteksdokgi melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif. Guna mewujudkan hal ini mahasiswa dididik dalam berbagai kegiatan intra dan ekstra kurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk memberikan soft skill bagi mahasiswa.  Adapun bagi mahasiswa baru FKG Universitas Jember angkatan 2021, kegiatan soft skill ini mulai dikenalkan melalui kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) yang dibuka mulai hari sabtu, 11 September 2021.  Tahun ini kegiatan PPMB bagi mahaasiswa FKG Universitas Jember angkatan 2021 menggunakan tajuk “PERIODONTIUM 2021”

PERIODONTIUM 2021 akan digelar selama enam pekan ke depan untuk mengenalkan mahasiswa tentang sejumlah pengetahuan yang akan menambah soft skill maba guna melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon dokter gigi. Sejumlah materi telah disiapkan oleh panitia dari unsur kakak pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun organisasi kemahasiswaan (ormawa) lain yang berada dalam lingkungan FKG Unej.

Materi tersebut antara lain :

  1. Pemaparan materi dan diskusi
  2. Orientasi fakultas
  3. Orientasi klinik
  4. Pengabdian Masyarakat
  5. Tugas mandiri dan kelompok
  6. Training motivasi

Menurut Ketua Panitia, Ni Putu Putri Angreni, kegiatan PPMB 2021 ini akan digelar secara daring melalui link zoom meeting dan kanal Youtube FKG Universitas Jember pada 18 September – 23 Oktober 2021. Mahasiswi yang juga merupakan Ketua UKM Penalara Mahasiswa “Dentine” ini menyampaikan, bahwa “Melalui kegiatan PPMB 2021 ini diharapkan Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember tahun angkatan 2021 mampu untuk beradaptasi di dunia perkuliahan serta dapat menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi.”

Sejumlah dosen telah siap menjadi pemateri dalam kegatan ini, mulai dari Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni FKG hingga Korpus KKN Universitas Jember. Sementara itu para aktivis mahasiswa, seperti Ketua BEM, Ketua BPM dan para mara mantan Ketua kegiatan Bakti Sosial mahasiswa juga siap berbagi ilmu dan pengalaman dengan adik – adik angakatannya dalam hal pengelolaan dan pengorganisasian kegiatan kemahasiswaan.

Melalaui PPMB 2021 yang berlabel “Periodontium 2021” ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan diantara mahasiswa baru dan seluruh civitas akademika FKG Universitas Jember. (agp)