Persiapan Kelas Intenasional di FKG

Publish on January 25th, 2021

FKG Universitas Jember memiliki visi “Menjadi institusi pendidikan yang unggul, bermartabat dan berdaya saing internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni kedokteran gigi di bidang agromedis.”. Hal ini selaras dengan usaha Internasionalisasi Universitas Jember yang telah dilegitimasi melalui Surat Keputusan Rektor nomor 11957 tahun 2014. Guna mendukung usaha Universitas Jember untuk bersaing dengan institusi pendidikan lain di tingkat nasional maupun internasional, maka dibangun sejumlah fasilitas tambahan yang salah satunya adalah renovasi kelas Internasional diFakultas Kedokteran Gigi.

Hari Jum’at 22 September 2021 lalu, Wakil Rektor III Universitas Jember Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M. Sc., Ph.D berkenan meninjau perkembangan penyelesaian kelas internasional di FKG Universitas Jember. Di dampingi Dekan, Prof Bambang menyimak laporan perkembangan ruang kelas internasional ini. Ruang tersebut pada dasarnya merupakan pengembangan dari ruang  kuliah yang secara reguler telah digunakan selama ini. Dengan selesainya renovasi maka ruangan telah siap untuk digunakan dalam aktivitas pembelajaran.

FKG sendiri berkomitmen besar untuk mendukung Internasionalisasi Unej. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sejumlah agenda Internasional yang telah dan akan terus dilaksanakan. Kegiatan tersebut diantaranya pertukaran tenaga pengajar dengan Hiroshima University Jepang, pertukaran mahasiswa bersama MAHSA University Malaysia, penyelenggaraan Internasional Simposium dalam rangkaian kegiatan Jember Dentistry Scientific (JDS) yang telah dilaksanakan secara rutin sebanyak 9 kali, pelaksanaan International Conference of Medical and Health Science (ICMHS) bersama sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, Malaysia dan Philipina. Dan pada pelaksanaan sumpah dokter gigi pada 18 Desember 2020 lalu, FKG Unej meluluskan seorang mahasiswa asing dari Mandagaskar sebagai seorang dokter gigi.

Semua agenda FKG tersebut merupakan dukungan atas upaya Internasionalisasi Unej yang telah memiliki The International Office. Kantor ini bertugas membantu siswa dalam mendaftar studi, aplikasi visa, serta mengatur tempat tinggal yang sesuai bagi mahasiswa asing yang belajar di Universitas Jember. Kerjasama di semua lini pada jenjang Rektorat dan fakultas ini diharapkan dapat mewujudkan Universitas Jember yang kompetitif diantaran Intitusi Pendidikan Tinggi lain di tingkat nasional dan internasional. (agp)