Prakata


Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG UNEJ) berproses  dan  berkembang seiring dengan perwujudan cita-cita luhur pendiri Universitas Jember yang tertuang dalam sesanti “Karya Rinaras Ambuka Budi Gapura Mangesti Aruming Bawana”, yang bermakna bahwa FKG UNEJ bertekad dan berkomitmen bekerja keras, selaras, serasi dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menghasilkan lulusan sebagai manusia seutuhnya dan bermartabat yang pengabdiannya di masyarakat selalu membawa keharuman bangsa dan negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia.

FKG UNEJ bercita-cita mewujudkan visinya sebagai lembaga pendidikan yang menjadi fakultas yang unggul, bermartabat dan berdaya saing internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kedokteran gigi di bidang agromedis. Hal ini selaras dengan visi Universitas Jember menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial. Pengertian agromedis secara keilmuan merupakan bidang ilmu kedokteran termasuk kedokteran gigi, yang mempelajari masalah kesehatan serta perilaku yang terkait pada seluruh kegiatan masyarakat agroindustri dan lingkungannya.

FKG UNEJ sebagai unit kerja di bawah Universitas Jember, maka perhatian FKG UNEJ lebih ditekankan pada kesehatan gigi dan mulut masyarakat yang berada di lingkungan agroindustri. Keunikan PSKG UNEJ mencerminkan keunggulan komparatif dan kompetitif dalam penguasaan dan pengembangan ipteksdokgi bagi masyarakat agroindustri. Penguatan keunggulan didasarkan pada potensi wilayah Kabupaten Jember dan kabupaten lain yang berada di sekeliling Jember sebagai potensi wilayah memberikan kekayaan alam, terutama untuk pembudidayaan hasil pertanian industrial atau agroindustri yang meliputi pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, peternakan, kehutanan serta pertambangan.

Saat ini diperlukan berbagai upaya inovaif untuk meningkatkan kualitas lembaga melalui peningkatan peranan, eksistensi dan daya saing FKG UNEJ. Peningkatan kualitas lembaga akan berhubungan langsung dengan peningkatan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas lulusan dan peningkatan kualitas lembaga merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Luaran (output) akan menggambarkan prosesnya. Luaran yang berupa lulusan yang berkualitas tentunya dihasilkan dari proses yang optimal, sehingga mampu memenuhi tuntutan masyarakat. Lulusan yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat akan dimulai dari tertatanya proses pembelajaran, sehingga dapat menciptakan suasana akademik yang optimal dan memudahkan proses evaluasi yang berkesinambungan.

Misi pembelajaran di FKG UNEJ didasarkan pada implementasi strategi pembelajaran mewujudkan pengembangan pendidikan akademik dan profesi yang berkualitas dan berdaya saing internasional dengan keunggulan di bidang agromedis. Hal ini untuk mendukung pengembangan Ipteksdokgi melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif.

FKG UNEJ juga berupaya mengembangkan penelitian yang inovatif dan berwawasan agromedis serta mengembangkan kajian terhadap kearifan lokal. Disamping itu, FKG UNEJ melalui peran serta lulusannya mampu mengaktualisasikan dirinya sebagai penggerak pembangunan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini diimplementasikan melalui kemampuan berkreasi menggunakan berbagai sumber daya yang ada di lingkungan kerjanya, agar mampu membuat perubahan dan solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di lingkungan tempat kerja. Sampai saat ini, FKG UNEJ juga terus berupaya mengembangkan misi kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan lembaga lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Sambutan Dekan
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG UNEJ) berproses dan berkembang seiring dengan perwujudan cita-cita luhur pendiri Universitas Jember yang tertuang dalam sesanti "“Karya Rinaras Ambuka Budi Gapura Mangesti Aruming Bawana”,yang bermakna bahwa FKG UNEJ bertekad dan berkomitmen bekerja keras, selaras, serasi dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menghasilkan lulusan sebagai manusia seutuhnya dan bermartabat yang pengabdiannya di masyarakat selalu membawa keharuman bangsa dan negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia. Read more.


Galeri
Archives
Media Sosial FKG
Top