Prakata


20150815_082154Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG UNEJ) didirikan dengan mengacu pada sasanti UNEJ yaitu: “KaryaRinaras Ambuka Budhi, Gapura Mangesthi Aruming Bawana”. Sasanti ini menggambarkan adanya tekad yang mulia yaitu sebagai wujud keinginan untuk  berkarya  dalam  rangka  mengharumkan  nama  bangsa  dan  negara. Sasanti ini sekaligus melandasi pemikiran dan setiap langkah bagi FKG UNEJ dalam upaya mengimplementasikan program pengembangan ke depan.

FKG UNEJ bercita-cita mewujudkan visinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni Kedokteran Gigi yang berwawasan lingkungan. Sebagai lembaga pendidikan, FKG UNEJ telah meluluskan dokter gigi yang mampu menjawab tantangan kebutuhan di lingkungan masyarakat (societal need) maupun kebutuhan pengguna lulusan (stakeholders need). FKG UNEJ secara konsisten mengikuti perkembangan kebijakan dan standar kualitas yang ditetapkan secara nasional maupun internasional serta selalu tanggap terhadap perkembangan IPTEK (scientific vision), yang diimplementasikan pada aktivitas Tridharma perguruan tinggi.

Saat ini diperlukan berbagai upaya inovaif untuk meningkatkan kualitas lembaga melalui peningkatan peranan, eksistensi dan daya saing FKG UNEJ. Peningkatan kualitas lembaga akan berhubungan langsung dengan peningkatan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas lulusan dan peningkatan kualitas lembaga merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Luaran (output) akan menggambarkan prosesnya. Luaran yang berupa lulusan yang berkualitas tentunya dihasilkan dari proses yang optimal, sehingga mampu memenuhi tuntutan masyarakat. Lulusan yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat akan dimulai dari tertatanya proses pembelajaran, sehingga dapat menciptakan suasana akademik yang optimal dan memudahkan proses evaluasi yang berkesinambungan.

Misi pembelajaran di FKG UNEJ didasarkan pada implementasi strategi pembelajaran student-centred learning (SCL), bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Hal ini akan mendukung lulusan yang mempunyai kemampuan analisis, berpikir kritis serta mempunyai kepercayaan diri yang tinggi,  sehingga mampu menerapkan karya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang inovatif dan berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat serta menjawab tantangan global. Hal ini didukung melalui sistem kinerja layanan profesional dengan menerapkan sistem manajemen yang akuntabel, efektif dan efisien berbasis Teknologi Informasi.

FKG UNEJ juga berupaya mengembangkan penelitian yang inovatif dan berwawasan lingkungan serta mengembangkan kajian terhadap kearifan lokal. Disamping itu, FKG UNEJ melalui peran serta lulusannya mampu mengaktualisasikan dirinya sebagai penggerak pembangunan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini diimplementasikan melalui kemampuan berkreasi menggunakan berbagai sumber daya yang ada di lingkungan kerjanya, agar mampu membuat perubahan dan solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan meningkatkan derajad kesehatan masyarakat di lingkungan tempat kerja. Sampai saat ini, ,FKG UNEJ juga terus berupaya mengembangkan misi kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan lembaga lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Top