Rapat Penyusunan Proker Ormawa Tahun 2021

Publish on January 29th, 2021

Organisasi mahasiswa atau ormawa adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler. Bentuk ormawa bisa berupa Badan Legislatif Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satu tujuan keberadaan ormawa adalah untuk mengasahsoft skill mahasiswa.

Aktivititas ormawa bukanlah kegiatan “happy” tanpa tujuan. Kegiatan ormawa harus berkontribusi atas tri dharma perguruan tinggi sesuai visi dan misi institusi. Guna menajamkan visi kegiatan pengurus ormawa periode 2021 maka diadakanlah agenda Rapat Kerja Pemaparan Program Kerja Ormawa di lingkungan FKG Universitas Jember.

Rapat kerja ini dipimpin oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni, diikuti pengurus harian BPM, BEM dan UKM serta perwakilan Pokja Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FKG Universitas Jember. Rapat kerja digelar secara daring pada tanggal 27-28 Januari 2021. Drg. Dwi Kartika Aprillyono, M. Kes., Sp.OF selaku Wakil Dekan III berpesan pada pengurus ormawa bahwa, “Suksesnyasebuah program kerjabukanhanyadaripelaksanaansajatapijugamerupakanrangkaiankegiatanmulaidariperencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan,”

FKG Universitas Jember memiliki sejumlah ormawa untuk mewadahi  aktivitas bakat, minat dan penalaran mahasiswa. Diantaranya adalah

  1. Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM),
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdiri atas :
    1. UKM Penalaran mahasiswa tingkat Dasar &Ilmiah“Dentine”
    2. UKM Penalaran Mahasiswa & PengabdianMasyarakat “Insisivus”
    3. UKM Olah Raga “Densite”
    4. UKM Paduan Suara Mahasiswa “Gema Swara Denta”
    5. UKM Seni “Lisma”
    6. UKM Pers Mahasiswa “Caninus”
    7. UKM Kerohanian Islam “Islamic Denstistry” dan
    8. UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen Katholik

Keberadaan organisasi kemahasiswaan ini adalah untuk menempa skill kepemimpinan dan manajemen mahasiswa sehingga memiliki ketrampilan tambahan disamping kemampuan akademik yang di dapat di ruang kuliah. Namun jika ada peluang untuk berprestasi dalam bidang tertentu maka peluang tersebut akan dioptimalkan. Pada tahun 2020 lalu, sejumlah mahasiswa FKG Universitas Jember berhasil meraih 19predikat juara di berbagai event tingkat nasional, baik di bidang Karya Tulis, Desain Poster, Lomba Puisi, Lomba Video Edukasi, hingga Multimedia Kontes. (agp)