UKM PSM Ikuti Even Paduan Suara Internasional

Publish on September 8th, 2021

Pandemi COVID19 masih berlangsung hingga kini, bahkan di beberapa negara situasi semakin buruk dan belum mampu dikendalikan. Di Indonesia Pemerintah terus berupaya untuk mengatasi Pandemi ini dengan berbagai

upaya termasuk diantaranya melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang diberlakukan sejak bulan Juli 2021 lalu. Berbagai Protokol Kesehatan diterapkan ketat dalam banyak kegiatan, membuat aktivitas yang mengumpulkan banyak orang masih belum memungkinkan.

Sementara itu agar semangat paduan suara di Fakultas Kedokteran Gigi tetap menyala, mahasiswa yang tergabung Unit Kegiatan Mahasiswa  Paduan Suara Mahasiswa Gema Swara Denta (GSD), melibatkan diri dalam kegiatan lomba agar dapat memberikan banyak manfaat dan juga relasi. Adapun lomba yang dipilih untuk diikuti adalah 4th WVCF (World Virtual Choir Festival).

WVCF merupakan perlombaan tarik suara tingkat internasional yang diadakan oleh Bandung Choral Society. Beberapa kategori dikompetisikan dalam lomba ini, salah satunya yang diikuti oleh UKM PSM Gema Swara Denta, yakni kategori virtual choir. Keikutsertaan mahasiswa/i PSM-GSD diharapkan mampu memberikan prestasi terhadap paduan suara itu sendiri dan mengharumkan nama Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Menurut Fridha Ayu Amanda, Ketua UKM PSM GSD sekaligus penanggung jawab Tim Panduan Suara dalam even ini, Kegiatan lomba internasional yang diadakan secara virtual ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang diikuti semenjak PSM-GSD didirikan. Dalam kegiatan yang dilaksanakan melalui video conference ini, PSM GSD akan menguji kemampuan seni tarik suara dalam kompetisi tingkat internasional.

Persiapan telah lama dilakukan oleh tim. Latihan sebagai persiapan lomba ini dilakukan sejak bulan Juni hingga Agustus 2021 yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2018 hingga 2020. Mahasiswa ini terbagi menjadi empat kelompok suara. Latihan lomba secara online atau daring tersebut bertujuan untuk mempersiapkan penguasaan lagu yang akan dinyanyikan dari masing-masing mahasiswa agar pada saat perekaman suara hasil performa dari semua mahasiswa maksimal.

Lomba 4th World Virtual Choir Festival 2021 dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 8 September 2021. Pelaksaan lomba ini akan dilakukan secara live daring melalui akun YouTube dengan mekanisme menayangkan hasil video rekaman lagi dari masing-masing peserta. Penayangan untuk lomba paduan suara akan ditayangkan pada hari Jumar, 3 September 2021. Alhamdulillah pada kompetisi ini Tim PSM Gema Swara Denta berhasil meraih medali perak.

Adapun penampilan tim Paduan Suara Gema Swara Denta FKG Universitas Jember dapat dinikmati publik pada link : https://www.youtube.com/watch?v=CG_sEC162-Q

(agp)