Visi & Misi


Visi FKG UNIVERSITAS JEMBER

“Menjadi institusi pendidikan yang unggul, bermartabat dan berdaya saing internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni kedokteran gigi di bidang agromedis.”

Misi FKG UNIVERSITAS JEMBER

  1. Menyelenggarakan dan  mengembangkan pendidikan akademik dan profesi yang berkualitas dan berdaya saing internasional dengan keunggulan di bidang agromedis.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan Ipteksdokgi melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif.
  3. Mengembangkan sistem pengelolaan lembaga yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil, berbasis Teknologi Informasi.
  4. Mengembangkan sistim manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan mutu layanan dan kepuasan stakeholders.
  5. Mengembangkan kerjasama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan dengan stakeholders di dalam dan di luar negeri.

Tujuan FKG UNIVERSITAS JEMBER

Tujuan yang hendak dicapai FKG UNEJ sesuai dengan visi dan misi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, berkualitas dan profesional yang mempunyai keunggulan di bidang agromedis serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Menghasilkan karya ipteksdokgi, di bidang pendidikan/pembelajaran,penelitian inovatif, dan publikasi ilmiah yang berdaya saing internasional serta berkontribusi pada masyarakat.
  3. Menghasilkan karya ipteksdokgi, meliputi pendidikan/pembelajaran, penelitian inovatif, dan publikasi ilmiah di bidang agromedis yang berdaya saing internasional untuk mendorong kemandirian masyarakat pertanian industrial.
  4. Menerapkan tata kelola lembaga yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil, berbasis Teknologi I
  5. Menghasilkan output dan outcome pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat digunakan masyarakat luas, khususnya masyarakat agroindustri.
  6. Mengembangkan kerjasama yang strategis dan sinergis dengan stakeholders ataupun lembaga lain di dalam dan luar negeri.

Sasaran FKG UNIVERSITAS JEMBER

Sasaran FKG UNEJ dirumuskan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang berintegritas, berkarakter, memegang teguh etika, bersikap profesional mampu melaksanakan dan mengembangkan Ipteksdokgi serta berjiwawirausaha dan berdaya saing tinggi dengan keunggulan di bidang agromedis.
  2. Meningkatnya karya tridharma perguruan tinggi berkualitas internasional yang mendukung pengembangan potensi spesifik dan kearifan lokal yang memiliki manfaat bagi masyarakat.
  3. Meningkatnya karya ipteksdokgi, penelitian inovatif, dan publikasi ilmiah di bidang agromedis berkualitas internasional.
  4. Meningkatnya kinerja staf dan pelayanan administrasi secara cepat dan akurat berbasis Teknologi Informasi
  5. Terwujudnya organisasi tatakelola yang kredibel, transparan, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi.
  6.   Terciptanya output dan outcome pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat digunakan masyarakat luas, khususnya masyarakat agroindustri.
  7.   Terbangunnya dan semakin luasnya jejaring kerjasama yang berkelanjutan dengan stakeholders baik dalam negeri maupun luar negeri untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas peran Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Strategi Pencapaian

Penetapan strategi pencapaian sebagai dasar evaluasi pencapaian visi, misi, sasaran dan tujuan dalam upaya peningkatan relevansi dan kualitas FKG UNEJ. Strategi pencapaian yang dilakukan dan target yang telah dicapai seperti berikut.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi yang berkualitas, yang bertujuan menghasilkan lulusan yang berkualitas yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dan berwawasan lingkungan, yang bertujuan menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang inovatif danberwawasan lingkungan.
  3. Berperan sebagai penggerak pembangunan kesehatan gigi dan mulut, yang bertujuan untuk menerapkan karya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang inovatif danberwawasan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan sistim manajemen yang akuntabel, yang bertujuan untuk mewujudkan sistem kinerja profesional dengan menerapkan sistem manajemenyang akuntabel, efektif dan efisien berbasis Teknologi Informasi.
  5. Mengembangkan jejaring dengan  stakeholders dan lembaga lain di dalam dan di luar negeri, untuk tujuan mewujudkan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga  lain di dalam dan luar negeri.

Tata Nilai

Dalam melaksanakan pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan, FKG dan PSKG UNEJ menyadari pentingnya pembudayaan tata nilai yang merupakan dasar sekaligus pemberi arah bagi sikap dan perilaku sivitas akademika dan karyawan FKG dan PSKG UNEJ dalam menjalankan tugas sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, proses pembangunan pendidikan di FKG UNEJ memerlukan penetapan tata nilai untuk dijadikan pegangan bagi sivitas akademika dan semua pemangku kepentingan FKG UNEJ.  Nilai-nilai yang dibutuhkan dalam diri setiap sivitas akademika FKG UNEJ dalam rangka mencapai keunggulan visi, yaitu:

  1. Bersikap Amanah: sivitas akademika memiliki pribadi yang jujur dan berkarakter kuat (integritas), mampu mengemban kepercayaan serta bersikap jujur dalam setiap tindakannya.
  2. Bersikap Profesional; sivitas akademika mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang dapat dipertanggungjawabkan serta mampu memahami implementasi visi dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
  3. Mempunyai motivasi tinggi: sivitas akademika selalu mepunyai rasa ingin tahu yang tinggi dalam mengembangkan kemampuannya, sehingga menghasilkan kinerja yang sesuai dengan visi yang ditetapkan disertai semangat berdedikasi, dan kepuasan bagi pengguna.
  4. Mempunyai rasa tanggung jawab: sivitas akademika selalu memahami resiko terhadap tugas ataupun kewajiban yang dilakukan serta selalu berkomitmen tinggi untuk mempertanggungjawabkan yang telah dilakukan sebagai upaya mencapai visi yang ditetapkan.
  5. Kreatif: sivitas akademika mampu berkreasi menggunakan sumber daya yang ada di lingkungan kerjanya, sehingga mampu membuat perubahan dan solusi alternatif yang meliputi penyesauaian pola, cara pandang, dan pendekatan yang variatif terhadap setiap permasalahan.
  6. Kompetitif: sivitas akademika memiliki kemampuan untuk bersaing dalam mengimplementasikan iptekdokgi di persaingan global
  7. Dedikasi: sivitas akademika memiliki dedikasi atau jiwa pengabdian yang bersedia mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya demi keberhasilan kerjanya
  8. Disiplin: sivitas akademika harus bersikap taatterhadap tata tertib dan segala peraturan yang ada serta mampu bersikap memberi contoh atau teladan bagi orang lain.
  9. Bersikap Peduli; sivitas akademika harus menyadari dan mempunyai sikap keberpihakan dan  melibatkan diri dalam untuk menolong atau memberi layanan kepada pengguna dan selalu memahami serta memperhatikan kebutuhan atau kepentingan pihak lain.
Sambutan Dekan
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (FKG UNEJ) berproses dan berkembang seiring dengan perwujudan cita-cita luhur pendiri Universitas Jember yang tertuang dalam sesanti "“Karya Rinaras Ambuka Budi Gapura Mangesti Aruming Bawana”,yang bermakna bahwa FKG UNEJ bertekad dan berkomitmen bekerja keras, selaras, serasi dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menghasilkan lulusan sebagai manusia seutuhnya dan bermartabat yang pengabdiannya di masyarakat selalu membawa keharuman bangsa dan negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia. Read more.


Galeri
Archives
Media Sosial FKG
Top