WISUDA PERIODE III : KALA AKTIVIS LULUS TEPAT WAKTU

Publish on April 12th, 2021

Universitas Jember menggelar wisuda Periode III Tahun Akademik 2020/2021 pada 10 April 2021. Pada periode ini pelaksanaan wisuda dikombinasikan Luring dan Daring. Sebanyak 25 Wisudawan hadir di Gedung Auditorium Kampus Tegal Boto sebagai perwakilan wisudawan dari tiap fakultas. Adapun 872 wisudawan lain mengikuti kegiatan secara online melalui zoom meeting dan streaming youtube.

Pada kesempatan tersebut Fakultas Kedokteran Gigi diwakili oleh Amanda Elizabeth, S. KG. Kesempatan mengikuti wisuda secara luring disambut gembira oleh Amanda. “Rasanya senang mengikuti wisuda secara luring. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena kedua orang tua saya merasa gembira dan bersemangat saat mengetahui (saya ditunjuk mewakili fakultas). Beliau mengetahui bagaimana perjuangan saya dan keluarga untuk tetap bertahan dan menguatkan diri agar dapat terus melanjutkan studi di FKG Unej ini.”

Mahasiswa angkatan 2017 ini menyelesaikan studi S1 Kedokteran Gigi selama 3 Tahun 6 Bulan dengan IPK 3,73.  Saat ditanya apa tips belajar sehingga bisa lulus dengan predikat  “Dengan Pujian” atau Cum Laude, Amanda menjawab datar saja,” Ritme belajar saya sebenarnya bisa dikatakan normal seperti anak lain pada umumnya, tidak belajar setiap hari atau setiap waktu tetapi lebih pada saat seminggu sebelum ujian blok saya mulai baca-baca materi dosen dan textbook. Saya suka mencatat dan meringkas kembali apa yang saya baca di buku tulis, agar lebih menempel diingatan.”

Meski lulus tepat waktu dengan IPK Tinggi, Amanda bukanlah tipe mahasiswa kutu buku yang sibuk tenggelam dalam kegiatan akademik kampus. Di sela – sela waktu belajarnya ia mengikuti aktivitas non akademik. Salah satunya sebagai Volunteer ke Bayan, Nusa Tenggara Barat yang diadakan oleh National Initiatives Community Empowerment (NICE) setelah gempa lombok tahun 2019. Amanda dan tim bertugas melakukan simulasi tanggap bencana dan keadaan gawat darurat, edukasi kesehatan, membantu para dokter untuk screening kesehatan dasar, membantu mengembangkan bisnis masyarakat setempat, dsb. Bahkan Ia berujar,” Ke depan saya ingin mengikuti lebih banyak kegiatan volunteer ke berbagai daerah, menyelesaikan ko ass dan UKMP2DG (Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi) tepat waktu, mempelajari lebih lanjut ilmu manajemen rumah sakit atau ilmu spesialis gigi.”

Pada wisuda periode III  Tahun akademik 2020/2021 ini, FKG meluluskan 17 orang wisudawan. 8 Diantaranya berhasil menyelesaikan pendidikan S1 Kedokteran Gigi kurang dari 4 tahun ! selanjutnya para wisudawan akan memasuki tahapan pendidikan berikutnya pada Program Profesi Dokter Gigi atau ko ass.  (agp)