Mahasiswa Adakan Santunan Anak Yatim Dan Do’a Bersama Menghadapi UKMP2DG

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) adalah exit exam bagi mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi. Hasil ujian ini menentukan langkah mahasiswa koas selanjutnya. Jika lulus uji kompetensi  maka para dokter muda ini telah layak mengabdi sebagai dokter gigi di tengah masyarakat.

Menghadapi UKMP2DG Periode I tahun 2023, para  peserta asal Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember menyambutnya dengan persiapan serius secara materi, mental dan spiritual. Selain menjalani program pembimbingan secara khusus dengan para dosen, mahasiswa juga melakukan persiapan secara rohani. Pada Kamis, 26 Januari 2023 Ba’da Ashar bertempat di Ruang Kuliah I FKG Universitas Jember, para calon peserta melaksanakan doa bersama sebagai bagian persiapan menuju UKMP2DG.

Pada kegiatan tersebut nampak hadir Dekan dan para Wakil Dekan 1,2 dan 3 serta beberapa Ketua Bagian Keilmuan  di lingkungan FKG Universitas Jember. “Kami sebagai dosen yang merupakan orang tua kalian di kampus, memberi restu pada anak-anakku semuanya untuk mengikuti UKMP2DG.” Ujar drg. R. Rahardyan Parnaadji, M. Kes., Sp. Pros.,  memberi semangat pada mahasiswa. Dekan juga memberi nasehat,”Jangan lupa meminta doa pada orang tua. Bahkan jika perlu meminta maaf pada kedua orang tua atas segala khilaf di masa lalu. Dan bagi yang muslim jangan lupa membaca surat Al Kahfi (pada malam jum’at) ataupun doa – doa yang lain.” Beliau juga berpesan.”Jaga kesehatan dalam beberapa hari ke depan. Makan makanan yang bergizi meski agak mahal sedikit agar kondisi fit saat ujian.”

Pada kesempatan tersebut Wakil Dekan I : Dr. drg. Masniari Novita, M. Kes., Sp. OF. (K) memimpin doa secara nasrani bagi mahasiswa yang beragama kristen, sedangkan Wakil Dekan III : drg. Dwi Kartika Apriyono, M. Kes., Sp. OF (K) memimpin doa secara islam bagi 53 mahasiswa yang beragama Islam.

Di akhir acara para mahasiswa menyerahkan santunan pada beberapa anak yatim yang hadir pada kegiatan tersebut.  Santunan anak yatim ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap warga sekitar kampus, sekaligus wasilah untuk terkabulkannya doa dan hajat para peserta UKMP2DG, sebagaimana sabda Rasul SAW yang artinya,” ”Barang siapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahnnya di dunia dan akhirat. Dan barang siapa yang menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah menolong hamba Nya selam hamba itu menolong saudaranya.” [HR Muslim]. (agp)