BERPISAH UNTUK SATU TUJUAN

UKMP2DG adalah Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran Gigi yang dlaksanakan oleh Kemristek DIKTI 4 (empat) kali dalam 1 (satu) tahun. Ujian ini mejadi ukuran kelayakan seorang mahasiswa kedokteran gigi untuk bertugas sebagai dokter gigi.

Pada 11-12  Juni 2022 kemarin telah diadakan UKMP2DG periode II Tahun 2022. Pada kesempatan ini terdapat 93 mahasiswa koas dari FKG Univesitas Jember yang diuji kelayakannya sebagai calon dokter gigi. Namun berbeda dengan periode – periode sebelumnya, pada periode ini para peserta Uji Kompetensi dari FKG Universitas Jember harus berjuang secara terpisah.

Banyaknya peserta ujian dari FKG Universitas Jember ini mengharuskan sebagian peserta harus diuji di luar Jember. Hal ini karena Panitia Nasional menetapkan standar kapasitas maksimal 50% terhadap alat dan ruang yang digunakan untuk ujian. Ini merupakan bagian pelaksanaan protocol kesehatan guna mencegah berkembangnya kembali covid 19.

Sebanyak 75 mahasiswa melaksaakan ujian di “rumah sendiri”. Mereka mengikuti ujian di Gedung CBT – OSCE Center FKG Universitas Jember. Uji teori secara CBT dilaksanakan pada hari sabtu dalam dua sesi, sementara uji praktik dilaksanakan pada hari minggu dalam empat sesi.

Sementara itu, 13 mahasiswa mengikuti Uji Kompetensi di FKG Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus). Ujian CBT dilaksanakan pada sabtu siang di Laboratorium Komputer Lantai 7 Gedung Fakultas Kedokteran Unimus. Dan Ujian OSCE dilaksaakan pada hari minggu di OSCE Center Lantai 3 RSGM Unimus.

Adapun 5 peserta lainnya mengikuti ujian di kampus FKG Universitas Airlangga Suarabaya. Mereka mendapatka jadwal ujian CBT pada hari sabtu sesi siang. Adapun ujian OSCE mendapat jadwal pada sesi 1 di hari minggu.

Meski diuji di tiga tempat terpisah yang saling berjauhan, seluruh mashasiswa koas peserta UKMP2DG memiliki satu tekad yang sama : Lulus ! untuk kemudian mengabdikan ilmunya agar berguna bagi masyarakat. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID