FKG UNEJ GELAR SIMPOSIUM INTERNASIONAL

Publish on November 9th, 2021

Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih menjadi masalah yang dihadapi oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Setelah beberapa waktu, masyarakat kini berada pada masa “New Normal” yang mengharuskan seluruh masyarakat untuk beradaptasi dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta mematuhi protokol kesehatan yang sesuai dengan yang dianjurkan oleh pemerintah. Namun Protokol kesehatan yang telah ditetapkan tidak sepenuhnya dilakukan dengan baik oleh masyarakat. Masih banyak warga yang belum bisa beradaptasi dengan keadaan yang baru ini.

Wakil Dekan III FKG Universitas Jember, drg. Dwi Kartika Apriyono, M. Kes., Sp. OF menyampaikan bahwa, “Bagi sivitas Akademika FKG Universitas Jember, masa pandemi bukan menjadi halangan untuk tidak produktif. Bahkan hal ini menjadi inspirasi utuk mengadakan even 1st Jember Dentistry Scientific Festival (1st JD-Fest).” Kegiatan ini di desain sebagai ajang diskusi bagi mahasiswa kesehatan maupun tenaga kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai topik – topik kesehatan dan kebiasaan-kebiasaan baru mengenai tatanan kebiasaan, dan perilaku baru yang berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan protokol yang sesuai, agar penambahan kasus positif COVID-19 dapat ditekan.

Puncak kegiatan even 1st Jember Dentistry Scientific Festival (1st JD-Fest) digelar pada tanggal 7 November 2021 dalam bentuk Simposium Internasional. Tema besar yang diangkat adalah “SUPER DENTAL SCIENCE: UNITY IN DIVERSITY FESTIVAL”. Simposium yang dihelat secara webinar tersebut menghadirkan sejumlah pembicara, yakni : Prof. Dato; Dr How Kim Chuan, Adjunct Professor Faculty Medicine and Health Sciences, University of Tunku Abdul Rahman. Ortodontis asal Malaysia ini membawakan materi dengan tema “Digital Solution from Scan Body to Restorative Using MegaGen System for Full Mouth Rehabilitations”. Hadir pula sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Guru Besar FKG Universitas Jember, Prof. drg. Mei Syafriadi, MDSc., Sp. PMM (K)., PhD yang membawakan materi dengan judul “Ethics of Dental Care in Order to Anticipate the Development of Dental Technology in The Digital Era”. Pembicara terakhir adalah drg. Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros dengan tema materi Immediate Denture in Pandemic Era. Dokter gigi yang sehari hari bertugas sebagai  Dentist Pepsodent Dental Expert Center ini juga melaksanakan kegiatan Hands On bagi peserta dengan topik One Visit Crown and Bridge.

Pada Simposium Internasional tersebut juga diumumkan pemenang sejumlah lomba yang digelar dalam rangkaian kegiatan 1 St JEMBER DENTISTRY FESTIVAL (1st JD-Fest) 2021 IN CONJUNCTION WITH 10th JEMBER DENTISTRY SCIENTIFIC FESTIVAL (10th JDS-Fest) 2021, yakni :

  1. Lomba Poster Kesehatan
    1. Juara I Tim Universitas Jember
    2. Juara II Tim Universitas Jember
    3. Juara III Tim Universitas Jember
  2. Kompetisi Literature Review
    1. Juara I Tim Universitas Airlangga
    2. Juara II Tim Universitas Jember
    3. Juara III Tim Universitas Airlangga
  3. Kompetisi Essai Ilmiah Agama
    1. Juara I Tim Universitas Jember
    2. Juara II Tim Universitas Jember
    3. Juara III Tim Universitas Gajah Mada

(agp)