Kampus Dental Agromedis Kembali Gelar BKGN

“Data RISKESDAS 2018 menyebutkan bahwa 93% anak usia dini mengalami gigi berlubang ataupun permasalahan karies gigi. Kebiasaan tidak menyikat gigi secara teratur sejak kecil dapat terbawa hingga dewasa dan memberi dampak bagi kesehatan gigi tetap. Kebiasaan menyikat gigi tidak teratur sejak kecil dapat memberi dampak berlanjut. Saat usia dini, gigi susu berlubang masih ada kesempatan digantikan oleh kehadiran gigi tetap, sedangkan ketika remaja hampir semua gigi telah berganti menjadi gigi tetap dan ketika sudah berlubang hingga dewasa tidak dapat lagi digantikan oleh gigi alami, Edukasi ini yang harus kita berikan kepada masyarakat luas sehingga kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut dapat tercapai.” Demikian sambutan Ketua BKGN 2022 FKG Universitas Jember, drg. Dwi Kartika Apriyono, M. Kes., SP. OF. (K).  saat pembukaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di halaman Gedung RSGM Universitas Jember pada Selasa, 1 November 2022.

Kegiatan BKGN tahun ini dilaksanakan pada tanggal 1 – 4 Nopember 2022 di FKG dan RSGM Universitas Jember mulai pukul 08.30-15.00 WIB. Tema kegiatan tahun ini adalah “Wujudkan Generasi Cemerlang Bebas Gigi Berlubang Untuk Senyum Indonesia”. Adapun agenda kegiatan BKGN 2022 ini meliputi Free Dental Treatment (FDT)  atau Perawatan gigi secara gratis, Teledentistry atau Konsultasi Online dan School Health Program. Pelaksana kegiatan BKGN merupakan kolaborasi segenap sivitas akademika FKG dan RSGM Universitas Jember yang meliputi dosen, mahasiswa koas, tenaga kependidikan, dan BEM.

Pada hari pertama kegiatan telah terdaftar sejumlah 517 pasien untuk FDT, dengan rincian 380 pasien dewasa dan 137 pasien anak-anak (TK dan SD). Hal ini melampaui target 300 pasien yang akan menerima layanan pemeriksaan dan perawatan gigi secara gratis. Sementara Teledentistry ditargetkan melayani konsultasi 150 pasien dengan sasaran siswa TK, SD, SMP, SMA, Madrasah, panti asuhan pondok pesantren, masyarakat umum, warga kampus Universitas Jember : mahasiswa, dosen dan karyawan.

Adapun School Health Programe akan menggarap 2000 Siswa-siswi tingkat sekolah dasar. Untuk kegiatan ini, FKG Universitas Jember telah bekerja sama dengan 4 sekolah dasar, yakni :  SD Muhammadiyah 1 Jember, SDN Kepatihan 5 serta SDN Kepatihan  6  Jember dan Madrasah Ibtidaiyah Mima 01 KH Shiddiq Jember. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID