Jalan Kalimantan No. 37
Kampus Tegalboto, Jember
Hubungi Kami
+(0331) 333536

berikut beberapa laboratorium yang ada di fkg unej

Laboratorium Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember menyediakan berbagai laboratorium dengan fasilitas lengkap dan modern untuk mendukung kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa. Dengan laboratorium yang didesain khusus untuk berbagai kebutuhan akademik, kami memastikan bahwa setiap mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif dan aplikatif. Berikut adalah penjelasan mengenai laboratorium-laboratorium yang ada di FKG Universitas Jember:

Kegiatan: Praktikum Diagnosis menggunakan metode radiologi

Laboratorium Radiologi

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember dengan bangga memperkenalkan Laboratorium Radiologi, sebuah fasilitas canggih yang dirancang untuk mendukung proses diagnostik dan perawatan di bidang kedokteran gigi. Laboratorium ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir dan dikelola oleh tenaga profesional yang kompeten, memastikan layanan diagnostik yang akurat dan efisien bagi mahasiswa, dosen, dan pasien.

Kegiatan: Pembuatan Gigi Tiruan Lepasan

Laboratorium TKG

Lab TKG fokus pada teknologi pembuatan gigi tiruan lepasan. Mahasiswa dilatih dalam proses pembuatan gigi tiruan dari awal hingga akhir, termasuk pencetakan, desain, dan pembuatan gigi tiruan. Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan teknologi terbaru yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan menguasai keterampilan teknis yang diperlukan dalam pembuatan prostesis gigi berkualitas tinggi. Dengan pengalaman praktis ini, mahasiswa siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dengan kompetensi yang solid.

Kegiatan: Skill Labs Konservasi dan Skill Labs Prostodonsia

Laboratorium Keterampilan Klinik

Lab Keterampilan Klinik dirancang untuk mengembangkan keterampilan praktis mahasiswa dalam bidang konservasi gigi dan prostodonsia. Di lab ini, mahasiswa melakukan berbagai latihan praktis yang mencakup teknik konservasi gigi seperti penambalan, perawatan saluran akar, dan pembuatan mahkota gigi. Selain itu, Skill Labs Prostodonsia memberikan pelatihan dalam pembuatan dan penyesuaian prostesis gigi, termasuk gigi tiruan sebagian dan penuh, serta implan gigi. Dengan fasilitas ini, mahasiswa dapat mempraktikkan teknik klinis yang mereka pelajari dalam suasana yang menyerupai kondisi nyata.

Kegiatan: Praktikum Anatomi, Histologi, dan Mikrobiologi

Lab Kedokteran Gigi Dasar

Lab Kedokteran Gigi Dasar adalah tempat mahasiswa mempelajari dasar-dasar ilmu kedokteran gigi melalui praktikum anatomi, histologi, dan mikrobiologi. Praktikum anatomi memberikan pemahaman mendalam tentang struktur tubuh manusia, khususnya kepala dan leher. Praktikum histologi mengajarkan mahasiswa tentang jaringan-jaringan tubuh pada tingkat mikroskopis, sementara praktikum mikrobiologi memfokuskan pada studi mikroorganisme yang mempengaruhi kesehatan mulut. Laboratorium ini dilengkapi dengan mikroskop canggih dan alat-alat diagnostik untuk mendukung pembelajaran.

Kegiatan:ujian test berbasis komputer

Laboratorium Komputer

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember menyediakan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan fasilitas modern untuk mendukung berbagai keperluan akademik, termasuk ujian berbasis komputer. Laboratorium ini dirancang untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa dapat mengikuti ujian lokal maupun nasional dengan lancar dan efisien, serta mendapatkan pengalaman belajar yang optimal.