Ormawa FKG Gelar Bakti Sosial di Desa Binaan

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Tanpa kesehatan harta menjadi tidak bernilai. Namun pada sebagian kalangan kesehatan gigi dan mulut belum menjadi perhatian utama. “Sebagian orang berpikir bahwa memeriksakan gigi akan menghabiskan banyak biaya. Oleh karenanya, perawatan gigi di sebagian kalangan jarang dilakukan dan mereka lebih memilih bekerja mencari nafkah demi mencukupi kebutuhan sehari-hari daripada harus melakukan pemeriksaan gigi.” Ujar Rafif Ikbar Prawira.

 

Ketua BEM FKG ini melanjutkan,”Kondisi inilah yang menjadikan tidak adanya kebiasaan bagi sebagian masyarakat dalam melakukan cek kesehatan gigi. Mereka datang jika sakit gigi telah parah. Selain faktor ekonomi, faktor pendidikan juga mempengaruhi kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut.”

Merespon kondisi tersebut Organisasi Kemahasiswaan (ormawa) di lingkungan FKG Universitas Jember menggelar Bakti Sosial di SD Negeri Bandilan I Kabupaten Bondowoso. Pemilihan lokasi di Desa Bandilan, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso adalah bagian strategi pengembangan program secara berkelanjutan karena Desa Bandilan merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Jember.

Kegiatan Bakti Sosial digelar selama dua hari dalam bentuk penyuluhan kesehatan, pemeriksaan dan perawatan kesehatan gigi dan mulut. Obyek penyuluhan kesehatan adalah siswa SDN Bandilan I yang dilaksanakan pada hari sabtu 19 November 2022. Memperhatikan obyek suluh yang ada, Tim mahasiswa FKG mencoba berinovasi dalam melaksanakan penyuluhan. Kegiatan dilakukan dalam bentuk indoor dan outdoor. Aktivitas di luar kelas dilakukan dalam bentuk senam gosok gigi serta penampilan panggung Boneka “Si Dento” yang membawakan cerita tentang kesehatan gigi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Madura.

Hari kedua Bakti Sosial Ormawa dilaksanakan pada hari minggu 20 November 2022 dalam bentuk layanan pemeriksaan serta perawatan gratis kesehatan gigi dan mulut bagi warga Desa Bandilan, khususnya berada di sekitar Balai Desa Bandilan dan di sekitar SD Bandilan I. Bakti sosial hari kedua melibatkan pula mahasiswa koas dan sejumlah dosen (dokter gigi) yang bertugas memberi layanan kesehatan. Untuk optimalisasi layanan, FKG menerjunkan pula Mobil Dental Unit Bantuan Universitas Jember.

Bersamaan dengan agenda Bakti Sosial Kesehatan, Dekan FKG Universitas Jember meresmikan Taman Bacaan yang bertempat di Balai Desa Bandilan. Taman Bacaan ini merupakan hasil program kerja PROMAHADESA LP2M Universitas Jember yang berkolaborasi dengan Program Kerja Desa Binaan BEM FKG UNEJ. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID