RSGM Sambut Status sebagai RS Pendidikan

Rumah Sakit (RS) Pendidikan merupakan fasilitas yang sangat penting dalam pendidikan kedokteran dan kedokteran gigi, karena di Rumah Sakit Pendidikan mahasiswa kedokteran (Co ass) akan terjun langsung untuk mendapatkan pengalaman dalam menangani berbagai macam penyakit. FKG Universitas Jember memiliki kerjasama dengan sejumlah rumah sakit mitra sebagai tempat pelaksanaan kegaiatan pembelajaraan mahasiswa, salah satunya Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember sebagai lokasi utama kegiatan akademik mahasiswa tingkat profesi.

Guna melaksanakan pelayanan pendidikan yang sesuai standar, maka RSGM Universitas Jember berproses untuk mendapatkan status akreditasi sebagai Rumah Sakit Pendidikan. Pada tanggal 30 Mei 2022 lima orang asesor yang berasal dari Kementerian Kesehatan RI, Asosiasis Rumah Sakit Gigi dan Mulut serta Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) melakukan Verifikasi Lapangan Standar Rumah Sakit Pendidikan di RSGM Universitas Jember.

Pada kesempatan menyambut Tim Asesor, Prof. Dr. FX Ady Soesetijo, drg., Sp.Pros. selaku Direktur RSGM Universitas Jember menyampaikan bahwa, “Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember telah berdiri sejak tahun 2005. RSGM terus berproses dan berkembang sesuai dengan standar peraturan perundangan yang berlaku. Termasuk diantaranya mengajukan akreditasi sebagai rumah sakit pendidikan.”

Rektor Universitas Jember,  Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng, IPM, pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu mendukung pengembangan RSGM, termasuk mendukung penyediaan ruang rawat inap di RGM. Keberadaan RSGM di satu sisi diharapkan dapat menjadi salah satu reveneu atau sumber pemasukan bagi Universitas Jember yang telah berstatus BLU, sekaligus sebagai tempat mendidik para calon dokter gigi yang selama ini terbukti kualitasnya cukup kompetitif jika dibandingkan dengan lulusan dari PTN lain.

Sementara itu guna mendukung pelaksanaan Verifikasi lapangan tersebut, FKG Universitas Jember sebagai mitra utama RSGM memberikan dukungannya secara optimal. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran segenap pimpinan FKG yang mendampingi manajemen RSGM saat menemui Tim Asesor. FKG mengerahkan segenap sumber daya guna kesuksesan RSGM Universitas Jember meraih status sebagai Rumah Sakit Pendidikan. Kehadiran dan dukungan FKG dalam pelaksanaan verifikasi lapangan ini mendapatkan catatan positif dari asesor. Hal tersebut menjadi indikator bahwa hubungan dan kerjasama kedua pihak sangat harmonis, sebagaimana slogan Universitas Jember : Working in Harmony, Nurturing The Future. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID