FKG UNEJ GANDENG 4 IPDG GELAR BAKTI SOSIAL DI SEMARANG

Publish on December 10th, 2019

Hasil Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas 2018 menyebutkan bahwa 93 persen anak usia dini, yakni dalam rentang usia 5-6 tahun, mengalami gigi berlubang. Ini berarti hanya tujuh persen anak di Indonesia yang bebas dari masalah karies gigi.Hasil Riskesdas 2018 juga menyebut bahwa baru 2,8 persen penduduk Indonesia yang sudah menyikat gigi dua kali sehari, yakni pagi dan malam secara benar. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi seputar menyikat gigi harus dimulai sejak dini karena akan menjadi kebiasaan hingga dewasa. Menyikapi hal tersebut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember secara rutin menggelar kegiatan Bakti Sosial berupa penyuluhan, pemeriksaan gigi serta pengobatan gigi secara gratis bagi masyarakat.

Terbaru FKG Universitas Jember menggelar Bakti Sosial Kesehatan Gigi dan Mulut pada tanggal 7 Desember 2019 bertempat di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Sumurrejo, Gunung Pati, Semarang. Pada kegiatan ini FKG Universitas Jember menggandeng sejumlah IPDG lain, diantaranya FKG Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus), FKG Universitas Sultan Agung Semarang, PSKG Undip Semarang serta FKG Hang Tuah Surabaya.

Kegiatan ini diawali dengan pertemuan kordinasi yang dilaksanakan di Aula RSGM  Unimus pada tanggal 6 Desember 2019. Pada kesempatan itu,  Dekan FKG Unimus, drg. Budiono, M. Pd. menyatakan sangat gembira atas kunjungan tim FKG Unej dalam rangka kegiatan Bakti Sosial Bersama di Semarang. Lebih lanjut drg budiono yang juga alumni FKG Universitas Jember ini, menyampaikan akan memberi dukungan penuh pada pelaksanaan Bakti Sosial tersebut.

Setiap IPDG yang terlibat dalam kegiatan Bakti Sosial ini nampak all out. Mereka menerjunkan sejumlah dosen, mahasiswa tingkat profesi (ko as), dan mahasiswa tingkat Sarjana guna mensukseskan kegiatan ini. FKG Universitas Jember dan FKG Unimus bahkan secara khusus membawa serta sejumlah alat kesehatan (dental mobile) berikut dengan teknisinya untuk mempermudah layanan pemeriksaan dan pengobatan gigi. Tercatat 490 anak dan 75 pasien dewasa mendapat layanan penyuluhan kesehatan gigi, pemeriksaan serta pengobatan gigi secara gratis pada Bakti Sosial ini.

Wakil Dekan III FKG Universitas Jember, drg. Dwi Kartika Apriyono, M. Kes., Sp.OF selaku Ketua Panitia Bakti Sosial Bersama, menyatakan terima kasih kepada PDGI Semarang dan 5 IPDG yang terlibat atas dukungan dan kerjasamanya dalam merealisasikan program Baktis Sosial Bersama tersebut. Pada sambutan saat apel pembukaan kegiatan drg Dwi Kartika berharap kerjasama tersebut dapat terus berlanjut dalam berbagai kegiatan lain di masa yang akan datang. (gigih)