Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Calon Dokter Gigi

Publish on September 22nd, 2021

Leadership atau kepemimpinan  adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Keterampilan kepemimpinan  akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi, khususnya dalam hal mencapai tujuan organisasi. (https://www.linovhr.com/leadership).

Guna membekali para calon dokter gigi dengan kemampuan atau seni memimpin organisasi secara profesional maka FKG Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan Leadership and Entreuprenership Training pada tanggal 16-22 September 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh 61 orang calon dokter gigi baru peserta sumpah dan janji  dokter gigi periode Ke – 100. Pelatihan kepeminpinan ini diberikan untuk memberi wawasan pada para calon dokter gigi agar siap seandainya mendapat amanah memimpin sebuah manajemen, baik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik ataupun organisasi lain dalam pelaksanaan tugasnya.

Namun seorang dentist diharapkan  juga mampu membuka lapangan kerja baru di masyarakat dengan memanfaatkan keahliannya di bidang kedokteran gigi. Mereka dapat membuka berbagai usaha bidang kedokteran gigi dan mulut, seperti praktik klinik mandiri, terapis gigi dan mulut, konsultan gigi secara teledentistry ataupun jenis usaha lain. Maka guna membekali dan memotivasi calon dokter gigi untuk mengembangkan usaha, selain mendapat materi kepemimpinan para calon dokter gigi ini mendapatkan materi tentang kewirausahaan atau entrepreneurship, yakni  sebuah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Dimana visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu yangasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru.(https://id.wikipedia.org/wiki/Kewiraswastaan)

Sejumlah pemateri disiapkan hadir untuk menyampaikan ilmunya pada peserta, diantaranya unsur pimpinan FKG Universitas Jember, Pimpinan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember, tenaga ahli Rumah Sakit Mitra FKG Universitas Jember, Dinas Kesehatan serta perwakilan dari  Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Melalui Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirusahaan ini diharapkan calon dokter gigi baru dapat menjalankan tugas keprofesiannya dengan baik dan profesional di tengah masyarakat. (agp)