PERJUANGAN MENUJU CITA SEBAGAI DOKTER GIGI

Publish on April 12th, 2021

Jum’at, 9 April 2021 menjadi hari yang penuh berkah bagi sivitas akademika FKG Universitas Jember. Pada hari itu FKG Unej melaksanakan pengambilan sumpah dan Pelantikan dokter gigi ke 98 Periode III Tahun Akademik 2020/2021. Tercatat 18 mahasiswa ko ass diambil sumpahnya pada hari tersebut. Terpilih sebagai lulusan terbaik : drg. Sepma Vitaticha. Dokter asli jember ini menyelesaikan studi dengan indeks pretasi kumulatif 3,63.

Sumpah Dokter Gigi hari tersebut juga merupakan hari yang istimewa bagi drg Arwinda Hening Pangestu. Namun Mahasiswa asal Blitar ini mengikuti pelaksanaan sumpah secara daring tanpa dihadiri oleh ayahanda. Drg Arwinda bercerita bahwa ayahnya telah meninggal pada tahun 2014, beberapa waktu sebelum ia menuntut ilmu di FKG Universitas Jember. “Saya tinggal bersama adik perempuan dan ibu saya,ayah sudah meninggal dunia pada tahun 2014 kemarin.” Tuturnya.

Kehilangan orang tua tidak menyurutkan niatnya untuk menggapai cita – cita. Arwinda “muda” berusaha mendaftarkan diri di perguruan tinggi melalui program Beasisawa Bidik Misi. Dan berkat rahmat Allah swt ia lulus dan diterima di FKG Universitas Jember. “Saya Memilih FKG UNEJ karena merupakan salah satu FKG dengan akreditasi yangg bagus di Jawa Timur.’ Ucapnya. “Banyak tantangan sewaktu kuliah disini,tapi alhamdulillah bisa terlewati,dan dapat menambah pengalaman serta banyak mendapatkan kawan- kawan  baru.” Lanjutnya lagi.

Ditanya apa rencanya setelah ini ? drg arwinda mengungkapkan harapannya,” Pengen punya tempat praktek dan jika ada kesempatan ingin sekolah lagi untuk mengembangkan ilmu. Inshaa Allah jika ada rezeki dan kesempatan.”

Harapan drg arwinda ini selaras dengan harapan Dekan FKG Universitas Jember. Pada sambutannya pada acara sumpah dokter gigi tersebut, drg R. Rahardyan Parnaadji, M. Kes., Sp. Pros, menyampaikan,” Para dokter gigi baru hendaknya bersemangat untuk Update kemampuan dan keterampilannya. Karena adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)akan menjadi tantangan besar bagi para dokter gigi dalam negeri karena dokter gigi asing boleh berpraktik di Indonesia. Ketua AFDOKGI Periode 2021-2023 ini mengharapkan para alumni siap untuk menghadapi segala tantangan keprofesian yang ada di tengah masyarakat.

Pada akhirnya segenap sivitas akademik FKG Universitas Jember dengga bagga melepas 18 dokter gigi baru untuk mengabdi di masyarakat menyusul 1800 alumni lain yang telah berperan di tengah masyarakat. (agp)