Sivitas FKG Peringati Hari Lahir Pancasila

“Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Demikian tema Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023 yang telah ditetapkan Pemerintah berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023.

Peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati di seluruh wilayah negeri. Tak luput sivitas akademika FKG Universitas Jember turut memperingatinya dengan mengikuti Upacara Bendera di lapangan Universitas Jember pada hari Kamis, 1 Juni 2023.

Segenap unsur pimpinan (Dekan dan Wakil Dekan) serta dosen, tenaga pendidikan dan perwakilan mahasiswa hadir mengikuti upacara. Bahkan Pimpinan FKG hadir dengan mengenakan baju adat Jawa, Madura, Bali dan Bugis.

“Pelajaran selanjutnya bagi kita adalah fakta bahwa para founding father Indonesia yang memutuskan menggunakan Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah sedikit dari warga Indonesia saat itu yang meiliki keistimewaan dapat mengecap pendidikan tinggi. Namun walau memiliki kelebihan tersebut, mereka tetap memiliki kepedulian dan semangat untuk memerdekakan bangsanya. Oleh karena itu sebagai insan pendidikan tinggi, maka kita harus mencontoh sikap mulia ini,” Demikian pesan Rektor Universitas Jember saat memberikan sambutan pada Upacara 1 Juni 2023. Pada kesempatan tersebut Rektor juga me– launching rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila Universitas Jember 2023, dengan pemotongan tali balon merah putih yang membawa banner dengan tulisan Semarak Bulan Pancasila Universitas Jember 2023. Kegiatan ini akan dilaksanakan sepanjang Bulan Juni 2023 diisi dengan berbagai agenda mulai dari kegiatan bernuansa akademis, seni hingga olah raga. (agp)