MARI TEGAKKAN SHOLAT !

Ramadhan adalah bulan mulia yang penuh dengan keberkahan. Pada bulan ini amal ibadah kaum muslimin akan dilipatgandakan dengan keridloan Allah swt. Maka sewajarnya jika ummat islam memaksimalkan ibadahnya di bulan ramadhan, termasuk mengikuti kegiatan thalabul ilmi guna meningkatkan wawasan keislaman agar dapat beribaadah secara lebih baik.

UKMF Islamic Dentistry (ID) sebagai UKM Kerohanian Islam tingkat fakultas menyelenggarakan Kajian Islami untuk Umum (Kalsium) yang dihelat secara daring pada sabtu, 9 April 2022 atau 7 Ramadhan 1443 H. Hadir sebagai pemateri Gus Muhammad Ali ZainalEbidin. Beliau adalah asatidz padaPondokPesantrenAnnuriyyah, Jember sekaligus anggota DewanKomisiFatwa MUI JawaTimur.

Adapun tajuk utama kegiatan ini “Menuju sholat sempurna berpedoman dengan alquran di era milenial”.Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan merupakan bentuk ibadah yang dilakukan seorang muslim kepada Sang Khaliq sebagai bentuk permohonan pertolongan kepada dirinya. Sebagaimana firman-Nya surah al-Baqarah ayat 45 yang berbunyi:

وَاسْتَعِيْنُوْابِالصَّبْرِوَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَالَكَبِيْرَةٌاِلَّاعَلَىالْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya: “Dan mohonlahpertolongan (kepada Allah) dengansabardansalat. Dan (salat) itusungguhberat, kecualibagi orang-orang yang khusyuk,” (QS. Al Baqarah: 45)

 

Ibadah sholat ini merupakan ibadah yang paling utama.Namun, pelaksanaan ibadah ini sering kali masih salah kaprah. Banyak muslim yang melakukan sholat hanya untuk menggugurkan kewajiban, padahal sholat merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Oleh karena itu penting adanya kesadaran ruhiyah saat melaksanakan ibadah ini sehingga termasuk kategori MENEGAKKAN SHOLAT dan tidak sekedar MENJALANKAN SHOLAT !

Menurut Ketua Panitia, Ahmad Zaky Dhiya’ulhaq, Kegiatan kajian ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kaderisasi UKMF Islamic Dentistry. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa yang baru bergabung di UKMF Islamic dentistry berproses dan  belajar berorganisasi.

Sementara itu Ketua UKMF ID, Khoirul Imam Wahyudi, menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberi pemahaman yang tepat tentang sholat agarumatmuslimkhususnyagenerasi millennial dapatmemahamibagaimanatatacarasholat yang benarsesuaituntunan. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID