ORIFICE2022 : Sarana Pengenalan Maba tentang Jati Diri Mahasiswa FKG

Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) merupakan kegiatan yang diselenggarakan di tingkat fakultas di lingkungan Universitas Jember dengan melibatkan organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas untuk membina dan mengembangkan potensi mahasiswa baru dalam bidang penalaran, bakat, dan minta serta kepedulian sosial, dibawah tanggungjawab Dekan.

Kegiatan ini diselenggarakan secara luring yang diperuntukkan untuk mahasiswa baru Universitas Jember sebagai upaya untuk memperkenalkan kehidupan perkuliahan di masing – masing fakultas. Pada tahun ini kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru di tingkat Fakultas Kedokteran Gigi menggunakan tajuk ORIFICE 2022”.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drg. Dwi Kartika Aprilyono, M. Kes., Sp. OF (K),  pada hari sabtu 3 September 2022 dalam agenda apel pagi yang diselenggarakan di halaman Kampus Dental Agromedis, FKG Universitas Jember. PPMB akan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu selama 6 pertemuan hingga 17 Oktober 2022.

Menurut Karin Annisa sebagai Ketua Panitia PPMB 2022, “Pengembangan potensi diri mahasiswa tidak hanya melalui jalur intrakurikuler, melainkan juga sangat dibutuhkan jalur ekstrakurikuler yang nantinya dapat menciptakan suatu keseimbangan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan jiwa dan kecerdasan emosi. Dan PPMB merupakan sarana untuk mengenalkan pada maba tentang pengembangan diri jalur ekstrakurikuler.”

Kegiatan PPMB di FKG dilaksanakan dalam 2 kelas besar. Panitia sudah menyiapkan 12 orang dosen dan 10 mahasiswa sebagai fasilitator kegiatan yang akan mengenalkan berbagai budaya akademik pada mahasiswa baru. Diantaranya materi tentang “Membangun karakter Muda Yang Bertanggung Jawab dan Memiliki Loyalitas Terhadap Almamater”. Selanjutnya “Mahasiswa FKG berkarakter cinta tanah air Indonesia, Universitas Jember, FKG UNEJ, Cinta Almamater. Mahasiswa FKG berkarakter mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, lembaga/ kampus di atas kepentingan pribadi/ golongan.” Dan “Mahasiswa FKG yang mempunyai kemampuan berpikir secara ilmiah dalam dalam kehidupan keseharian baik secara akademik dan non akademik dan memiliki kemampuan dan minat berkarya tulis ilmiah.”

Selain itu terdapat materi “Mahasiswa FKG yang mau dan bisa mengeksplor semua potensi minat dan bakat yang dimiliki khususnya di bidang kemahasiswaan.” Kemudian “Mahasiswa FKG yang mempunyai sikap cinta dan peduli sesama, lingkungan dan lembaga.” Serta “Mahasiswa FKG yang berprestasi baik dibidang akademik dan non akademik (ormawa) di berbagai level lomba : lokal, regional, nasional, internasional.”

Guna melengkapi materi tersebut, mahasiswa baru juga dikenalkan tentang ormawa di lingkungan FKG Universitas Jember serta serta manajemen pengelolaan kegiatan Bakti Sosial yang secara rutin digelar oleh mahasiswa FKG. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID