HANA-HASNA RAIH 3 MEDALI DI PORDA DIY 2022

Di dunia olah raga Indonesia dikenal sejumlah atlet bersaudara yang berprestasi, seperti Bagas dan Bagus Kahfi di cabang sepak bola, Aero dan Aqsa Aswar di cabang jetski, Nasution bersaudara di cabang renang dan beberapa cabang lain. Mereka adalah atlet yang berprestasi di tingkat regional, nasional bahkan internasional.  Tak beda dengan para atlet tersebut, FKG Universitas Jember memiliki mahasiswi yang juga atlet bersaudara. Mereka adalah Hasna dan Hana. Keduanya menggeluti cabang olah raga Woodball.

Pada PORDA DIY XVI mereka meraih sejumlah Medali dari cabang Woodball untuk Kabupaten Sleman. Hasna Dzakiyyah Fauziyanti berhasil meraih medali perak pada single stroke putri dan medali perunggu pada single fairway putri. Pada Nomor double stroke putri, Hasna bersama sang Kakak, Hana Fathin Novitasari, berhasil meraih medali perunggu.

“Kami Menggeluti olahraga woodball sejak dari tahun 2013” tutur Hana. Selama sepuluh tahun ini mereka telah ikut serta dalam berbagai kejuaraan woodball, diantaranya Pra-PON Papua pada tahun 2019 serta Kejuaraan internasional woodball di Chiang Mai, Thailand pada tahun 2018. Pada Kejuaraan Nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur tahun 2018, Hana berhasil mendapatkan 2 perunggu. Sementara Hasna bahkan tercatat sebagai salah satu atlet DIY pada pagelaran PON Papua 2020.

Saat ditanya kenapa memilih woodball, Sang Kakak menjawab, “Memilih olahraga woodball karena olahraga ini masih belum banyak dikenal masyarakat dan termasuk olahraga yang baru, permainannya unik, dapat melatih kesabaran, dan berpeluang untuk dapat berprestasi.” Ujarnya.

Cabang olahraga Woodball memangmasih asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Woodball sendiri diketahui berasal dari Taiwan yang masuk ke Indonesia pada kisaran tahun 2002. Woodball merupakan olahraga yang serupa dengan golf, hanya saja terdapat perbedaan di peralatan. Peralatan woodball sendiri sesuai namanya berbahan dari kayu, mulai dari bola, alat pemukul (mallet) hingga gawang (gate). Woodball memiliki sedikit perbedaan dengan golf, apabila golf memasukkan bola pada lubang, maka woodball memasukkan bola ke dalam gawang. Dalam permainan woodball terdapat dua cara bermain woodball yakni beregu (ganda stroke) dan single stroke. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID