SQ Training ala UKMF Islamic Dentistry

Pendidikan di Perguruan Tinggi bukan hanya membentuk hard skill mahasiswa, namun juga memoles soft skill. Sejumlah ketrampilan didapatkan mahasiswa secara intra kurikuler pada kegiatan kuliah dan praktikum.  Sebagian lagi diperoleh melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh berbagai organisasi kemahasiswaan.

Guna melatih soft skill mahasiswa dan membangun kecerdasan spiritual atau Spiritual Quotient, UKM Kerohanian Islam Fakultas Kedokteran Gigi “Islamic Dentistry (ID)” menyelenggarakan “Malam Berkah Nuzulul Qur’an”. Ketua Panitia, Abiyyu Gading Ardhiatama menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk mengingatkan anggota UKMF ID untuk meningkatkan amalan kebaikan, ketakwaan pada Allah SWT. dan menjalin tali persaudaraan (silah ukhuwah).”

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring terbatas di Masjid Ar Rayyan FKG Universitas Jember pada 18 April 2022. Peserta dibatasi hanya 25 mahasiswa dengan memperhatikan Protokol Kesehatan. Peserta merupakan anggota UKMF Islamic Dentistry. Serangkaian kegiatan tersusun rapi pada acara yang digelar sejak sore hingga malam ini, mulai dari Khataman Qur’an, Buka Bersama, Sholat berjamaah, kultum dan doa.

Kultum atau Kajian Islam diberikan oleh Ketua UKMF Islamic Dentistry, Khoirul Imam Wahyu. Mahasiswa yang juga mantan Ketua PAC IPNU Jatiroto ini mengangkat tema tentang Nuzulul Qur’an. Keterlibatan mahasiswa sebagai panitia sekaligus pemateri acara merupakan bagian kegiatan melatih soft skill mahasiswa, khususnya kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, adaptif, manajemen waktu, dan membangun networking, serta berpikir kritis / Problem solving. Melalui kegiatan yang bersifat spiritual diharapkan dapat membentuk pemikiran kritis mahasiswa yang tidak terlepas dari fitrahnya sebagai Hamba Allah.

Manusia pada dasarnya memiliki fitrah atau instuisi beragama (gharizah tadayyun). Instuisi yang lurus tentunya mendorong manusia untuk menyadari dirinya sebagai hamba Allah Swt. Selain itu manusia juga dibekali potensi yang membedakannya dengan makhluk lain, yaitu akal untuk berpikir. Akal pikiran yang baik dan lurus serta hati yang membenarkan pikiran baik tersebut.

Tentunya kaum muslimin (khususnya anggota UKMF ID) harus terus berusaha menjadi insan yang lebih baik agar hidup senantiasa memiliki tujuan yang jelas yaitu berusaha mendapatkan ridho Allah Swt. yaitu hidup penuh keberkahan dan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan di dunia. (agp)

AboutAdmin
English EN Indonesian ID