TELEDENTISTRY : Solusi Konsultasi Kesehatan Gigi & Mulut di Masa Pandemi

Publish on November 11th, 2021

Pandemi Covid 19 telah merubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat. Sejak Kasus pertama Covid 19 di Indonesia pada Maret 2020, sejumlah aktivitas masyarakat banyak berubah. Sejumlah aspek kegiatan juga relatif terhambat pelaksanaannya, salah satunya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini karena proses pemeriksaan kesehatan Gigi dan Mulut termasuk salah satu aktivitas yang beresiko menularkan Virus Covid 19 sehingga kegiatan pengobatan sempat menemui kendala.

Mengutip pernyataan Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Sustainable Living Beauty and Personal Care and Home Care, Unilever Indonesia Foundation, “Tantangan permasalahan gigi dan mulut bahkan makin terasa ketika pandemi. Survei global Pepsodent menunjukkan bahwa 30% responden di Indonesia mengaku pernah melewati sehari penuh tanpa menyikat gigi, umumnya disebabkan rasa malas (46%), yang salah satunya karena berkurangnya interaksi tatap muka. Akibatnya, permasalahan gigi dan mulut kian meningkat, seperti kemunculan gigi berlubang baru pada 25% responden Indonesia,”

Merespon kondisi ini FKG Universitas Jember berkolaborasi dengan  PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui brand Pepsodent menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2021. Tahun ini BKGN 2021 mengangkat tema  ‘Gigi Kuat, Hidup Sehat untuk #SenyumIndonesia’.” Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah Webinar Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 5 dan 13 Oktober 2021.

Kegiatan dilanjutkan Konsultasi Online (Teledentistry) yang dilaksanakan pada 4,5 dan 8 November 2021. Bermarkas di Gedung CBT Center FKG Universitas Jember, 57 dokter gigi dan dokter gigi spesialis melakukan layanan konsultasi secara online. Para dokter gigi yang merupakan dosen FKG Universitas Jember tersebut melayani telephon masyarakat secara bergantian dalam 6 shift jadwal jaga. Memberikan layanan konsultasi dan solusi atas berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut di masyarakat.

Ketua Panitia, drg. Dwi Kartika Apriyono, M. Kes. Sp. OF, menyampaikan, “Kegiatan teledenstistry tidak berhenti pada acara BKGN saja. Masyarakat yang membutuhkan konsultasi masalah kesehatan gigi dan mulut dapat melakukan konsultasi online secara gratis melalui aplikasi chat yang tersedia website fkg.unej.ac.id”. Kegiatan teledentistry ini merupakan bagian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk  mengedukasi masyarakat guna membebaskan diri dari gigi berlubang. (agp)