Ormawa FKG Gelar Baksos di Jalur B29

Publish on December 11th, 2018

Lukis Senyum Indonesia dengan Aksimu”. Demikian tema kegiatan Bakti Sosial Ormawa Fakultas Kesehatan Gigi Universitas Jember tahun 2018. Dan pada tanggal 7-9 Desember 2018 sejumlah mahasiswa FKG Universitas Jember beraksi melaksanakan Bakti Sosial Pemeriksaan serta Pengobatan Gigi dan Mulut gratis bagi masyakat. Hari Jum’at 7 Desember 2018 sejumlah mahasiswa yang merupakan tim pembuka (pionir) berangkat menuju Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang sebagai tempat kegiatan Bakti Sosial. Tugas tim pembuka adalah menyiapkan segala kebutuhan kegiatan yang dilaksanakan di SDN Kandangtepus 02.

Hari berikutnya, tim kedua berangkat menyusul menuju lokasi kegiatan dengan membawa logistik tambahan ke Desa Kandangtepus, sebuah desa yang dikenal sebagai penghasil Pisang Kirana yang berada di jalur wisata Puncak B29. Pada hari sabtu, 8 Desember 2018 agenda kegiatan bakti sosial adalah melaksanakan  penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk menciptakan suasana agar masyarakat mau mengubah perilaku lama yang kurang menguntungkan untuk kesehatan gigi, menjadi lebih menguntungkan untuk kesehatan giginya.

Dan pada hari minggu, 9 Desember 2018 menjadi puncak pelaksanaan Bakti Sosial dengan menggelar agenda Pemeriksaan serta Pengobatan Gigi dan Mulut secara gratis bagi Siswa SD Kandangtepus 02 dan warga sekitarnya. Seluruh ruang kelas di SD Kandangtepus 02 dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Ruang – ruang tersebut disulap mahasiswa menjadi ruang diagnosa, beberapa ruang pemeriksaan serta apotik. Pelaksanaan pemeriksaan gigi ini melibatkan 11 dokter gigi (dosen FKG Universitas Jember) dan didukung oleh sejumlah mahasiswa koas. Kegiatan yang diorganisir oleh anggota dan pengurus ormawa ini telah melayani 202 orang pasien.

Bakti Sosial ini rutin digelar oleh mahasiswa setiap tahun. Menurut Panitia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial mahasiswa FKG Unej, merealisasikan salah satu agenda Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. (gigih)