PRESTASI DI KALA PANDEMI

Publish on December 25th, 2020

“Sejujurnya saya sudah capek dengan pandemi ini karena tidak bisa kuliah dengan normal, ilmu yang didapat tidak maksimal, di rumah saya susah sinyal jua”, keluh Belva Nuriana Rosidea mahasiswa angkatan 2018 asal Magetan. Tapi selalu ada hikmah pada setiap kejadian yang telah ditetapkan Allah Tuhan Yang Maha Esa. “Tapi ya memang ada beberapa hikmah yg didapat, seperti punya waktu luang lebih banyak, terlebih selama pandemi banyak sekali seminar seminar online yg sangat menarik untuk diikuti.” Tukasnya. Dia kemudian menyampaikan,”Kalau ada waktu luang ikut kelas-kelas pengembangan diri, kayak kelas menulis, seminar. Karena saya penerima manfaat beasiswa bright scholarship, jadi selama pandemi pun saya juga harus aktif ikut pembinaan online.” ujar mahasiswi penerima Beasiswa Bidik Misi ini.

Belva adalah mahasiswa yang berhasil memetik banyak hikmah selama Pandemi. Selain kuliah dan mengikuti berbagai pelatihan secara online, dia juga mengikuti sejumlah event lomba. Dan tidak tanggung – tanggung, Belva berhasil meraih 4 gelar juara berlevel Nasional, yakni :

  1. Juara 2 Lomba Poster Nusantara Scientific Competition Season 7
  2. Juara 2 Essay Competition Pemuda Mendunia “Berani menulis mimpi”
  3. Juara 3 Lomba Puisi HIMA Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang
  4. Juara 1 Health Education Video Competion bersama timnya yang terdiri dari Saikha Adila Aziza (FKG) dan M. Zainul Arifin (FKIP).

Dari semua event yang diikutinya, Lomba Essay Competition Pemuda mendunia adalah agenda yang paling berkesan untuk Belva. “Lomba menulis essay  yang diselenggarakan Studec Internasional kolaborasi sama Pemuda Mendunia itu sebenarnya saya tidak menyangka kalau menang, karena saya menulis H-1 sebelum deadline dan saya kirim beberapa jam sebelum deadline. Waktu pengumuman saya juga tidak sedang menunggu pengumuman, malah temen temen saya dari kampus lain seperti UGM dll yang tahu duluan.” Ujarnya

Selain Belva, sepanjang tahun 2020 yang diliputi kondisi Pandemi Covid 19, sejumlah mahasiswa FKG Universitas Jember juga mencatatkan sejumlah prestasi. Diantaranya :

  1. Juara 1 Poster Publik Nasional 9th JDS 2020 (Rio Bagas Damara, Almaratus Sholihah & Faizah Nabila / FK)
  2. Juara 2 Lomba Poster Densmart FKG Universitas Trisakti (Febi Zulaikha/Fadillah Tyas/ Firda Qurratul)
  3. Juara 2 LKTI IMSCOBI Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (Nasywa Nabila Fairus / Fadillah Tyas / Febi Zulaikha)
  4. Juara 1 LKTI Gemfarums Universitas Muhammadiyah Surakarta (Denis Diyanata / Violita Cahya Kusuma / Priska Amelia)
  5. Juara 1 Literatur Review Dentistry Hang Tuah Scientific Event 2020 FKG UHT (Riris Aria Dewanti / Malihatul Rosidah / Johan Al Falah)
  6. Juara 3 DNTR Multimedia Contest Universitas Lambung Mangkurat (Rahma Ayu AD)
  7. Scientific Essay Airlangga Medical Scientific Weeks Universitas Airlangga (Fadillah Tyas
  8. Best Poster Creativity Competition Scientific World of Dentistry 2020 FKG Universitas Mahasaraswati (Rio Bagas Damara / Shafira Indriyani / Dhevina Salsabila)
  9. Juara 3 Essay Materpiece FKM Universitas Diponegoro (Natasha Christy Sudarmaji)

Pandemi adalah sebuah realitas. Pandemi bukan alasan untuk sembunyi. Pandemi adalah tantangan untuk ditaklukkan. Segenap Sivitas Akademika FKG Universitas Jember mengucapkan SELAMAT dan BANGGA atas pencapaian prestasi mahasiswa sepanjang tahun 2020. (agp)