Suka Keroncongan, Arul Wakili Jatim di PEKSIMINAS 2022

Lagu keroncong adalah lagu kaum jadoel bagi sebagian orang, namun tidak bagi Ahmad Syahrul Mubarok atau Arul. Meski terlahir sebagai generasi millenial, ia ternyata suka keroncongan. “iringan musiknya membuat saya merasa tenang hati hehehe. Alunan musik yg dimainkan pemusik keroncong membuat saya merasa nyaman.”  Kata arul sambil tersenyum.

“Menyanyi keroncong sebenarnya sudah agak lama. Sejak kecil memang mencoba banyak genre musik.. dan berakhir dengan mendapatkan kenyamanannya di genre ini. Terlebih menurut beberapa orang juga tarikan suara saya lebih cocok dan mengarah ke keroncong dibanding yang lain.” Ujarnya saat ditanya mengapa memilih menekuni musik keroncong.

Hoby bermusiknya disalurkan di dua kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa. Arul aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas (UKMF) Paduan Suara Mahasiswa “Genta Suara Denta” dan UKMF Seni Mahasiswa “Lisma” FKG Universitas Jember. Bahkan di awal kuliah di tahun 2018 ia pernah tergabung dengan grup keroncong mahasiswa FKG Universitas Jember yang dibentuk oleh Dr.drg. I Dewa Ayu Susilawati M.Kes. yang dikenal dengan sebutan Grup Orkes Keroncong Aksara (Kr.Aksara).

Perjalanan bermusik Arul ternyata cukup berliku. Ia bahkan sempat mencoba menyanyi pada genre seriosa. Di Genre inipun Arul berhasil lolos seleksi ke Peksiminas. “Sebenarnya sudah dari 2 tahun lalu ketika PEKSIMINAS 2020 ingin ikut di tangkai keroncong. Namun ditawari pelatih PSM FKG untuk mencoba hal baru, yaitu di tangkai lomba seriosa. Dan ternyata saat itu saya bisa mewakili UNEJ di PEKSIMINAS 2020 tangkai lomba seriosa.” Ujarnya

Kemampuannya menyanyi pada genre yang unik ini (keroncong) sekali lagi mengantarkannya sebagai wakil Universitas Jember pada seleksai PEKSIMINAS 2022 yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya pada 29 – 31 Agustus 2022. Hasilnya Arul menjadi Juara I PEKSIMIDA Jawa Timur. Mahasiswa koas semester satu ini selanjutnya akan mewakili Jawa Timur dalam PEKSIMINAS 2022  yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 28 oktober 2022. (agp)