MAHASISWA PROFESI IKUTI IKK DI RSD BALUNG

Publish on November 27th, 2018

Melalui kegiatan Praktikum Ilmu Kedokteran Klinik (IKK) di RSD Balung ini, diharapkan mahasiswa profesi dapat menjadi dokter gigi yang profesional dan memiliki kompetensi.Artinya mahasiswa memiliki keilmuan yang dibutuhkan, keahlian / keterampilan serta perilaku (attitude) yang baik dan profesional dalam menjalankan profesinya. Demikian sambutan Drg. Nur Cahyohadi, MARS, (direktur RSD Balung – Jember) saat menerima duapuluh lima mahasiswa profesi FKG Universitas Jember yang akan menjalani praktek IKK di RSD Balung hingga tiga pekan ke depan.

Beliau melanjutkan, melalui kegiatan IKK di Rumah Sakit ini, para calon dokter gigi ini belajar berinteraksi dengan dokter spesialis beserta pasiennya di berbagai poli yang ada di rumah sakit sehingga memahami pengelolaan sebuah rumah sakit. Sementara Dr. drg. Masniari Novita, M.Kes, selaku dosen pembimbing mengharapkan para mahasiswa profesi dapat menyesuaikan diri dengan kondisi kerja di rumah sakit. Saat praktik di kampus, mahasiswa hanya terjadwal kegiatan pada pagi hingga siang hari. Namun saat praktik di rumah sakit, mahasiswa harus mampu menyesuaikan dengan jadwal shift jaga untuk melayani pasien.

Melalui kegiatan praktik di rumah sakit umum, mahasiswa profesi berlatih untuk mengaplikasikan ilmunya di kampus sekaligus belajar menghadapi kondisi masyarakat yang dinamis. Mahasiswa akan berhadapan dengan sejawat dokter dari berbagai poli. Mahasiswa juga akan berhadapan dengan pasien dan pengantar pasien yang memiliki aneka ragam kharakter, bahkan penguasaan bahasa yang berbeda – beda. Kondisi ini akan menggembleng mahasiswa agar mampu menerapkan ilmunya sekaligus memiliki sikap yang baik. Hal ini juga untuk melatih mahasiswa agar mampu berperan lebih dari sekedar dokter gigi biasa jika kelak bertugas di daerah yang memiliki fasilitas kesehatan terbatas. (gigih)