“Alhamdulillah banyak sekali pengalaman yang di dapat dari acara ini. Mengenal banyak orang – orang keren dari berbagai fakultas, juri – juri dan pembimbing yang oke, serta pengalaman luar biasa mendapat pertanyaan dari Wakil Rektor I Prof Slamin saat final. Membuka mata bahwa ternyata saya masih butuh belajar banyak hal.” Ujar Bintang Raja Faleqy peraih Juara III kategori putra Duta Kampus 2023.
Duta kampus merupakan acara yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali oleh Universitas Jember untuk mencari representasi ideal seorang mahasiswa UNEJ. Mahasiswa memiliki kualifikasi 3 B yaitu Brain, Behave, dan Beauty. Artinya seorang duta kampus UNEJ bukan sekedar good looking namun juga seorang akademisi yang “paten”.
Seorang duta kampus harus memiliki IPK diatas 3.25, menguasai bahasa asing serta mempunyai komunikasi interpersonal yang baik. Selain itu juga harus memiliki kepribadian yang baik, psikologis yang baik, serta memiliki wawasan tentang Universitas Jember dan kebudayaan Jawa Timur terutama pendalungan, dan mampu mempromosikan dan berinovasi terhadap lembaga dengan baik.
Setelah melewati beberapa tahapan seleksi, akhirnya final Duta Kampus Universitas Jember digelar pada 21 Oktober 2023 di Gedung Sutarjo Universitas Jember. Hasilnya dua mahasiswa FKG angkatan 2022 atas nama Angela Fabiola Dabitabelva terpilih sebagai Juara II Kategori Putri, sementara Muhammad Bintang Raja Faleqy meraih Juara III kategori putra.
Angela memiliki harapan besar pasca acara ini,“Saya memiliki motto aspire to inspire, bercita-cita untuk menjadi dokter gigi yang menggabungkan pengetahuan medis gigi dengan kemampuan public speaking yang baik untuk menjadi sosok inspiratif. Ingin mengubah stigma masyarakat bahwa walaupun padat kegiatan akademik tetapi mampu mengembangkan minat dan bakat melalui duta kampus.” Ujar mahasiswa semester 5 yang juga meraih juara 1 bakat terbaik dalam ajang pemilihan duta kampus. Selanjutnya mahasiswa yang terpilih sebagai duta kampus akan bertugas untuk mempromosikan Universitas Jember kepada masyarakat luas di seluruh dunia melalui strategi promosi yang efektif dan inovatif dengan memperkenalkan produk unggulan dan menjadi wajah kampus yang memediasi hubungan dengan masyarakat dan para profesional. (agp)